Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Rina Risanti, Yudi Darma, Hartono Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Teluk Keramat dengan jumlah 14 siswa. Validitas produk diperoleh melalui uji oleh validator, kepraktisan diperoleh melalui angket respon guru dan angket respon siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) sedangkan keefektifan diperoleh melalui hasil belajar siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kevalidan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebesar 82,74% dengan kriteria sangat valid, skor rata-rata kepraktisan dari hasil angket respon guru dan siswa sebesar 84,23% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan nilai rata-rata keefektifan sebesar 71,43% dengan kriteria efektif.

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, lembar kerja siswa (LKS), Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Amalia, N., Darma, Y., &Wahyudi, W. (2020). Pengembangan Pop Up Book SMP berbasis Ideal Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MIPA DAN TEKNOLOGI II , 1(1), 389-398.

Capon, N. (2004). What’s So Good About Problem-Based Learning. Cognition And Instruction, (Online), 22(1): 61–79, diakses 5 Desember 2020.

Darma, Y. (2012). Efektivitas Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Pendekatan Investigasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Barisan dan Deret Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah di Pontianak (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Darma, Y., & Sujadi, I. (2014). Strategi heuristik dengan pendekatan metakognitif dan investigasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kreativitas siswa madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan MIPA (Old), 15(2).

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Dolmans, D. H., De Grave, W., Wolfhagen, I. H., & Van Der Vleuten, C. P. (2005). Problem‐based learning: Future challenges for educational practice and research. Medical education, 39(7), 732-741.Graaf, Erik De. 2003. Characteristics of Problem-Based Learning. Int. J. Engng Ed. (Online), 19(5): 657–662, diakses 5 Desember 2020.

Hidayat, D. M. C., & Ihsan, I. R. (2020). Desain Pembelajaran Model Problem-Based Learning Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Adversity Quotient Peserta Didik. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: DIVAPress.

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Riskawati, D., Buyung, B., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas Ix Di Smpn 31 Kab. Tebo. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-6.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Saputra, V. H., & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Ulfa, Marchamah. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: UPI




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.