Perbandingan Penguatan Karakter Siswa sebagai Hasil Pembelajaran Kooperatif menggunakan Metode Jigsaw dan Role playing di Kabupaten Cianjur

Iin Patimah, M. Syaom Barliana, Ketut Budiastara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk (1) menganalisis perbedaan penguatan pendidikan karakter siswa yang memperoleh metode pembelajaran  jigsaw dengan penguatan pendidikan karakter siswa yang memperoleh metode pembelajaran role playing; (2) menganalisis lebih baik mana penguatan pendidikan karakter siswa yang memperoleh metode pembelajaran jigsaw dengan penguatan pendidikan karakter siswa yang memperoleh metode pembelajaran Role playing. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimental semu (Quasi-Experimental Reasearch). Dalam quasi-experiment, peneliti menggunakan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI Sekolah Dasar Gugus Gadung Kecamatan Karangtengah tahun pelajaran 2019-2020 yang terdiri dari 11 sekolah. Sampelnya siswa kelas VIB dan VIC SD Sukataris Kecamatan Karangtengah. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan penguatan pendidikan karakter siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif Jigsaw dengan penguatan pendidikan karakter siswa yang memperoleh pembelajaran Role playing; (2) penguatan pendidikan karakter siswa yang memperoleh metode pembelajaran jigsaw lebih baik daripada penguatan pendidikan karakter siswa yang memperoleh metode pembelajaran Role playing.

Kata Kunci : metode Jigsaw, penguatan karakter, role playing


Full Text:

PDF

References


Dewi, P.S. & Septa, H.W. (2019) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Gaffar, M.F. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Mizan.

Garfield, J. (2013). Cooperative Learning Revisited: From an Instructional Method to a Way of Life. Journal of Statistics Education, 21(2).

Hamimi, L, Zamharirah, R. & Rusydy. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-10

Hamdayana, J. (2014). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hidayatullah, Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press&Yuma Pustaka.

Husaini, Usman. (2009). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Ispranoto, T. (2018). Bocah Bandung Korban Bully Ternyata Dianiaya Sejak Kelas 4 SD. Diunduh pada 12 Agustus 2019, dari situs World Wide Web: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4199065/bocah-bandung-korban-bully-ternyata-dianiaya-sejak-kelas-4-sd.

Joyce, Bruce, dkk. (2009). Models of Teaching (Model-Model Pengajaran) edisi ke delapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jusniani, N. (2016). Pendekatan Inkuiri dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal PRISMA, 7(1).

Killen, Roy. (1996). Effective Teaching Strategies, Lesson from Research and. Practice.

Long, M., et.al. (2011). The Psychology of Education (2nd Edition). Oxon: Routledge

Falmer.

Lubis, D. (2019). Kasus Audrey dan Krisis Pendidikan Karakter Anak. Diunduh pada 12 Agustus 2019, dari situs World Wide Web: https://mediaindonesia.com/read/detail/229340-kasus-audrey-dan-krisis-pendidikan-karakter-anak

Maskur. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 43 Sungai Alam Kabupaten Bengkalis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 149-163.

Nasuha, W. (2019). 6 Kasus Kekerasan dan Bullying di Sekolah Awal 2019, Nomor 2 Berakhir Tragis. Diunduh 10 Mei 2019, dari situs world Wide Web https://news.okezone.com/read/2019/02/12/337/2016872/6-kasus-kekerasan-dan-bullying-di-sekolah-awal-2019-nomor-2-berakhir-tragis.

Nasution, E.T., Fahreza, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Belajar Ipa Kelas Iv Sd Negeri Suak Timah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1).

Ninda, B.A. & Rika, Y. A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Role playing Dan Jigsaw Terhadap Keterampilanberbicara Bahasa Jawa Krama Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Kecamatan Boyolali. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 5(2).

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Rustiadi, T., Wahyudi, A., Sudarminto. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilangerak Dasar Operan Bola Basket Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. Jurnal Penjakora, 5(2).

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Santoso, B. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia.

Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology (5th Edition). New York: McGraw-Hill.

Saputra, V.H. & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untu Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-23.

Septian, A., Agustina, D., & Maghfrah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10-22.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suharjana. (2011). Model Pengembangan Karakter melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga” dalam Zuchdi (Ed.). Pendidikan Karakter: dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Suparno, P. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah Sebuah Pengantar Umum. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Utomo, P. E. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2).

Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-23

Wibawa, I.M.A. J., Suarjana, I.M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115-124.

Wiersma, W., & Jurs, S.G. (2009). Research Methods in Education an. Introduction. US : Pearson Education.

Utami, Y. P. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah

Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23-30.

Utami, Y. P., Cahyono, D.A. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26.

Zahra, P. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Snowball Throwing di SDN Perumnas BP Parungpanjang Bogor. Skripsi. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1294

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.