Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Perkuliahan Daring Filsafat dan Sejarah Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa pendidikan matematika pada perkuliahan daring filsafat dan sejarah matematika, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini melibatkan dua belas mahasiswa pendidikan matematika dari Universitas Teknokrat Indonesia. Pengumpulan data juga dilakukan oleh peneliti dengan mengkaji dari hasil nilai UTS yang sudah dilaksanakan mahasiswa sebelumnya dan analisis data yang dilakukan yaitu deskriptif. terlihat bahwa 91,6% mahasiswa pendidikan matematika tersebut dinyatakan lulus, hanya satu mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus, dan hasil rata-rata nilai UTS yaitu 84,99.
Kata Kunci: filsafat matematika, pemahaman mahasiswa, sejarah matematika.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, P.S. & Septa, H.W. (2019) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan
Disposisi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema:
Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.
Fatimah, C. & Puspaningtyas, N.D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap
Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika di MAN 1 Lampung Selatan.
Jurnal Pendidikan Matematika UNILA, 8(4), 250-260.
Hidayat, A. (2020). Student’s Perceptions of E-Learning During Covid-19 Pandemic.
Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 34-45.
Kadir. (2013). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kirsi. (2014). Interctive Learning in the Classroom-not a Competitor for e- Learning.Finland: Helsinki University of Technology.
Maskar, S. & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis Lampung.Mathema: Jurnal Pendidikan Metematika. 1(1), 40-47
Maskar, S., Dewi, P.S. & Puspaningtyas, N.D. (2020). Online Learning & Blended
Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu.
PRISMA 9(2), 154-166.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama
Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-
Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics.
Al Asma: Journal of Islamic Education.
Nurhayati, A. S. (2012). Pedoman Pemanfaatan Rumah Belajar. Jakarta : Kemdikbud.
Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika.
Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 25-30
Puspaningtyas, N.D., & Dewi, P.S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran
Berbasis Daring. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 703-712.
Putri, L.A., & Dewi, P.S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada
Materi Garis Singgung Lingkaran. Mathema Journal Pendidikan Matematika. 2(1),
-39.
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada
Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal Pendidikan Matematika. 1(1),
-55.
Utami, Y. P. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah
Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika
Utami, Y. P., Alan, D., Cahyono, D., & Indonesia, U. T. (2020). STUDY AT HOME :
ANALISIS KESULITAN BELAJAR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR)
(1), 20–26.
Yahudi. (2017). Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Kreativitas di Rumah Belajar
Modern Desa Bangunharjo Sewon Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1089
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License