Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika

Dwi Parinata, Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran Online (e-learning) dengan sebuah aplikasi berbasis web bernama Google Form yang bertujuan untuk memberikan pemahaman khususnya pelajar dalam proses pembelajaran Matematika sehingga  tugas maupun ujian dapat dilakukan secara Online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Al-Kautsar Bandar Lampung, sebanyak 19 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 4  tahap yakni; 1) Penyebaran tes kuis pemecahan masalah  dan kuesioner dalam bentuk Google Form, 2) Melakukan penilaian terhadap hasil jawaban siswa kelas 5 SD Al-Kautsar Bandar Lampung menggunakan skala Guttman, 3) Menguji validitas dengan teknik korelasi product moment dan reliabilitas dengan metode Chronbach’s  Alpha, 4) interpretasi hasil perhitungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada kuisioner ketercapaian indikator menghasilkan 54% negatif serta 57% positif terhadap proses pengoptimalisasi media online Google Form hal ini menunjukkan bahwa media online yang berupa Google Form menjadi acuan yang Cukup Tinggi dalam menangani permasalahan belajar secara online (e-learning).

Kata kunci: Google Form, Matematika, Optimalisasi.


Full Text:

PDF

References


Batubara, H.H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 39-50.

Bulan, S., & Zainiyati, H.S. Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Paser. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 15-34.

Djamilah, S., & Lazwardi, A. (2020). Pembelajaran Daring Struktur Aljabar Dan Analisis Real Pada Masa Pandemi. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan,3(2), 403-409.

Fatimah, C. & Puspaningtyas, N.D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika di MAN 1 Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika UNILA, 8(4), 250-260.

Maskar, S., Dewi, P.S. & Puspaningtyas, N.D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. PRISMA 9(2), 154-166.

Nurani, U., Sulistiani, I.R. & Dewi, M.S. (2020). Pengelolaan Kelas Guru Dalam Pembelajaran Matematika. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 143-147.

Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N.D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JIMR: Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8-12.

Puspaningtyas, N.D. 2019. Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-30.

Puspaningtyas, N.D., & Dewi, P.S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Daring.JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 703-712.

Sarmini, Pandanarum, P., & Permanasari, D.A. (2020). Pelatihan Google Apps For Education Kepada Guru Madrasah Aliyah (MA) Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara.Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 437-441.

Siagian, M.D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1-10.

Tumengkol, A. A. (2020). Pengalaman Pembelajaran Berbasis Blended Learning Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Menggunakan Google Classroom Pada Mahasiswa Geografi. Jurnal Episentrum, 1(1), 39-43.

Ulfa, M. (2019). Strategi Pre-View, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 48-55.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.