SISTEM PENGONTROL IRIGASI OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO

Selamet Samsugi, Zainabun Mardiyansyah, Andi Nurkholis

Abstract


Penelitian ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan sebuah rangkaian yang berfungsi untuk membuka dan menutup pintu irigasi secara otomatis. Dengan menggunakan sistem pengontrol irigasi otomatis agar dapat memudahkan petani dalam mengontrol masukknya air dalam aliran irigasi. Dengan berkembangnya teknologi, adanya sensor dan mikrokontroler, mempermudah dalam membuat alat pengontrol irigasi otomatis dengan menggunakan sensor ultrasonik. Untuk membaca jarak air apabila jarak air normal, maka motor servo akan terbuka 180º. Dan jika air mengalami ketinggian dalam jarak yang tertentu, maka motor servo akan bergerak menutup. Sebagai pengontrol jarak air, sensor ultrasonik membaca jarak air yang akan di tampilkan ke layar LCD. Adaptor berfungsi sebagai penyuplai arus AC (220V) ke DC (12V) yang digunakan untuk mengaliri arus ke arduino. Agar aliran irigasi berfungsi secara otomatis, maka diperlukan mikrokontroler Arduino UNO R3 untuk menerima datadata yang dikirim dari motor servo, sensor ultrasonik. Sehingga alat ini bisa diprogram untuk melakukan pengontrolan pada aliran irigasi berdasarkan perintah yang telah ditentukan.

Keywords


Arduino UNO; irigasi; sistem kontrol

Full Text:

PDF

References


A. R. Al Tahtawi, E. A. Andika dan W. N. Harjanto, “Desain awal pengembangan sistem kontrol irigasi otomatis berbasis node nirkabel dan Internet-of-Things,” Jurnal Otomasi Kontrol dan Instrumentasi, vol. 10, no. 2, p.121, 2018.

S. K. Saptomo, R. Isnaeni dan B. I. Setiawan, “Irigasi curah otomatis berbasis sistem pengendali mikro,” Jurnal Irigasi, vol. 8, no. 2, pp.115-125, 2013.

B. I. Setiawan dan S. K. Saptomo, “Sistem kontrol irigasi otomatis nirkabel,” Jurnal Irigasi, vol. 9, no. 2, pp.108-114, 2014.

A. Nurkholis, A. Riyantomo dan M. Tafrikan, “Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining,” Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

A. Nurkholis, dan I. S. Sitanggang, "Optimalisasi model prediksi kesesuaian lahan kelapa sawit menggunakan algoritme pohon keputusan spasial," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 8, no. 3, pp. 192-200, Jul. 2020. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2020.13657

A. Nurkholis dan I. S. Sitanggang, “A Spatial Analysis Of Soybean Land Suitability Using Spatial Decision Tree Algorithm,” In Proc. SPIE 11372, Sixth International Symposium on LAPAN-IPB Satellite, p. 113720I, 2019.

Subari, H. A. Sofiyuddin dan B. I. Setiawan, “Pengembangan sistem irigasi terkendali menggunakan jaringan nirkabel, ” Jurnal Irigasi, vol. 6, no. 1, pp.28-36, 2011.

A. Tusi, B. I. Setiawan, H. A. Sofiyuddin, D. Rahmandani dan M. Muqorrobin, “Pengembangan pintu air irigasi glass fiber reinforced plastic,” Jurnal Irigasi, vol. 5, no. 1, pp.57-67, 2010.

H. A. Sofiyuddin, M. Muqorrobin, D. Rahmandani, A. Tusi dan B. I. Setiawan, “Pintu sorong tinjol berbahan fiberglass sebagai inovasi alat ukur debit dalam operasi irigasi,” Jurnal Sumber Daya Air, vol. 8, no. 1, pp.27-38, 2012.

I. K. Gunawan, A. Nurkholis dan A. Sucipto, ”Sistem monitoring kelembaban gabah padi berbasis Arduino,” Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2020.

D. Alita, S. Priyanta dan N. Rokhman,“Analysis of Emoticon and Sarcasm Effect on Sentiment Analysis of Indonesian Language on Twitter,” Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, vol. 5, no. 2, pp. 100-109, 2019.

H. Sulistiani, M. Miswanto, D. Alita dan P. Dellia, “Pemanfaatan Analisis Biaya dan Manfaat Dalam Perhitungan Kelayakan Investasi Teknologi Informasi,” Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, vol. 6, no. 2, 2020.

S. Samsugi dan A. Burlian, "Sistem penjadwalan pompa air otomatis pada aquaponik menggunakan mikrokontrol Arduino UNO R3," Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2019.

S. Samsugi, Ardiansyah dan A. Suwantoro, “Pemanfaatan Peltier dan Heater Sebagai Alat Pengontrol Suhu Air Pada Bak Penetasan Telur Ikan Gurame,” Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering, pp. 295-299, 2016




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v1i1.719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Selamet Samsugi, Zainabun Mardiyansyah, Andi Nurkholis


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.