RANCANG BANGUN SISTEM PINTU PARKIR OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DAN RFID

yohana Tri Utami, Yuri Rahmanto

Abstract


Palang pintu merupakan benda yang sering kita temui di berbagai tempat di sekitar kita, dan telah dianggap sebagai bentuk perlindungan yang efektif untuk membatasi pergerakan di dalam suatu wilayah. Tidak jarang pula benda ini kita temui di lingkungan umum atau pun dikawasan perindustrian, guna menjaga keamanan terhadap kendaraan yang terparkir di lingkungan tersebut. Namun, tempat-tempat tersebut terkadang menjadi target bagi para pelaku kejahatan sehingga kita sering mendengar berita tentang pencurian kendaraan yang telah terparkir yang kemudian menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Berdasarkan hal tersebut penulis ingin meneliti tentang bagaimana mengoptimalkan cara kerja palang pintu tersebut dengan menambahkan sistem keamanan yang menggunakan RFID untuk efisiensi penggunaan waktu dan Sumber Daya Manusia yang dimiliki. Alat ini bertujuan untuk membatasi akses keluar masuk kendaraan dengan menggunakan Id Card. 

Hasil dari penelitian ini adalah palang pintu yang dapat membaca id card. Setelah pemindaian data id card selesai, data dikirim ke mikrokontroller dan diproses sesuai dengan perintah yang telah ditanamkan ke dalam mikrokontroller. Bila pemindaian/pembacaan menyatakan akses diterima, maka palang pintu akan terbuka dan LCD menampilkan waktu masuk atau keluar, dan akan tertutup kembali setelah kendaraan melewati pembacaan sensor ultrasonic yang telah dipasang di balik pintu masuk.

Keywords


Sensor Ultrasonic,RFID,ID CARD, Palang Pintu, Mikrokontroler.

Full Text:

PDF

References


S. Samsugi, “IOT : EMERGENCY BUTTON SEBAGAI PENGAMAN UNTUK MENGHINDARI PERAMPASAN SEPEDA MOTOR,” vol. 14, no. 2, pp. 100–106, 2020.

K. Pindrayana, R. I. Borman, B. Prasetyo, and S. Samsugi, “Prototipe Pemandu Parkir Mobil Dengan Output Suara Manusia Mengunakan Mikrokontroler Arduino Uno,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 2, no. 2, 2018.

B. S. Gandhi, D. A. Megawaty, and D. Alita, “Aplikasi Monitoring dan Penentuan Peringkat Kelas Menggunakan Naive Bayes Classifier,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, pp. 54–63, 2021.

D. Alita, A. D. Putra, and D. Darwis, “Analysis of classic assumption test and multiple linear regression coefficient test for employee structural office recommendation,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 15, no. 3.

P. Agung, A. Z. Iftikhor, D. Damayanti, and M. Bakri, “SISTEM RUMAH CERDAS BERBASIS INTERNET OF THINGS DENGAN MIKROKONTROLER NODEMCU DAN APLIKASI TELEGRAM,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 8–14, 2020.

A. T. Wahyudi, Y. W. Hutama, M. Bakri, and S. D. Rizkiono, “SISTEM OTOMATIS PEMBERIAN AIR MINUM PADA AYAM PEDAGING MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ARDUINO DAN RTC DS1302,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2020.

Y. Rahmanto, A. Rifaini, S. Samsugi, and S. D. Riskiono, “Sistem Monitoring pH Air Pada Aquaponik Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 23–28, 2020.

D. Alita and A. R. Isnain, “Pendeteksian Sarkasme pada Proses Analisis Sentimen Menggunakan Random Forest Classifier,” J. Komputasi, vol. 8, no. 2, pp. 50–58, 2020.

S. Sintaro, A. Surahman, and N. Khairandi, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR FUTSAL MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” TELEFORTECH J. Telemat. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, 2020.

H. Hayatunnufus and D. Alita, “SISTEM CERDAS PEMBERI PAKAN IKAN SECARA OTOMATIS,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 11–16, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v2i2.1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 yohana Tri Utami, Yuri Rahmanto


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.