MERANCANG SISTEM INFORMASI PROMOSI BERBASIS WEB DI TOKO MEBEL ARTHO FURNITURE

Silvia Mardiyanto, Raka Dwi Purnomo, Muhammad Gumawan, Dwi Putri Wahyu Ningsih, Sakhila Ramadanadiva Arvi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi mendorong setiap aspek kehidupan untuk memanfaatkan informasi secara optimal, termasuk dalam bisnis. Artikel ini membahas perancangan dan implementasi sistem promosi berbasis web untuk Toko Artho Furniture di Pekanbaru. Toko ini mengalami kendala dalam promosi produk yang berdampak pada lambatnya perputaran bisnis. Sistem informasi berbasis web dirancang untuk mempermudah penyebaran informasi produk, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan efisiensi promosi. Metode yang digunakan adalah Sekuensial Linier atau model Pengembangan Air Terjun, dengan pengembangan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional toko melalui penyampaian informasi yang lebih cepat dan efisien kepada pelanggan, serta mendukung proses pengambilan keputusan dalam promosi dan pemasaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan sistem informasi berbasis web dapat memberikan solusi efektif dan efisien bagi Toko Artho Furniture dalam meningkatkan promosi dan penjualan produk.


Full Text:

PDF

References


J. A. Stikom, U. Kupang, and N. T. Timur, “Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala).” [Online]. Available: http://ttskab.go.id/

O. N. Suwahyono, “PENGELOLAAN INFORMASI : suatu pandangan umum.”

J. H. Taip Komplek Citra Kedaung Asri et al., “Online Marketing Strategies to Increase Consumer Interest in Buying MSME Food and Beverage products in the City of Bogor,” 2022. [Online]. Available: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/

H. Kremer, V. Ade Arianto Ciptoputra, P. Studi Manajemen, and S. Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PERANAN SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN PROMOSI PRODUK,” 2023.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” 2019.

M. Arismal Rezki, D. Retno Hapsari, F. Ekologi Manusia, I. Pertanian Bogor, and D. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, “EFEKTIVITAS STRATEGI PROMOSI PRODUK KOPI LOKAL DI RUMAH KOPI RANIN The Effectiveness of Promotion Strategies in Local Coffee Products at Ranin Coffee House.”

M. Muharam and A. G. Persada, “Implementasi Penggunaan Website Sebagai Media Informasi dan Media Pemasaran Hasil Pertanian dan Peternakan Desa Sumberejo.” [Online]. Available: www.desasumberejo.com.

A. Yulianeu and A. A. A. K. Rosadi, “Pengembangan Game Platformer Slime Jump Menggunakan Metode Sekuensial Linier,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 12, no. 1, pp. 152–161, Mar. 2023, doi: 10.32736/sisfokom.v12i1.1576.

P. S. Hasugian, “PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI,” 2018.

A. Aryanto and T. Irianto Tjendrowasono, “Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta,” Online.

A. J. Saputra, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN FURNITURE PADA SUMBER JAYA JATI BERBASIS WEB,” 2021.

R. Usman and S. Susanti, “SISTEM INFORMASI PENJUALAN FURNITURE BERBASIS WEBSITE PADA CV SINAR TERANG FURNITURE,” 2021. [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi

N. A. Rahmawati and A. C. Bachtiar, “Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem,” Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 14, no. 1, p. 76, Jun. 2018, doi: 10.22146/bip.28943.

M. Nur Ichsanudin, M. Yusuf, S. Jurusan Rekayasa Sistem Komputer, J. Teknik Industri, I. AKPRIND Yogyakarta, and R. Artikel, “PENGUJIAN FUNGSIONAL PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE BLACK BOX TESTING BAGI PEMULA INFO ARTIKEL ABSTRAK,” vol. 1, no. 2, pp. 1–8, 2022, doi: 10.55123.

W. Nur Cholifah and S. Melati Sagita, “PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA APLIKASI ACTION & STRATEGY BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI PHONEGAP,” 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v4i2.4505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Silvia Mardiyanto, Raka Dwi Purnomo, Muhammad Gumawan, Dwi Putri Wahyu Ningsih, Sakhila Ramadanadiva Arvi



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter