AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 DOMAIN EVALUATE, DIRECT, AND MONITOR (EDM) PADA KANTOR DESA KEBAGUSAN

Muhamad Amirudin, Adhie Thyo Priandika, Donaya Pasha, Fazri Syanofri, Ahmad Devin

Abstract


Desa Kebagusan telah mengintegrasikan teknologi informasi dalam proses kegiatannya baik kegiatan administrasi internal maupun pelayanan kepada masyarakat. Penerapan Teknologi Informasi pada Kantor Desa Kebagusan dapat dilihat dengan adanya penerapan Sistem Informasi Desa (SID) dengan fungsi dari sistem ini adalah untuk mendukung fungsi dan tugas administrasi pemerintahan desa. Selama ini pengelolaan teknologi informasi yang ada di Kantor Desa Kebagusan belum dilakukan evaluasi, sehingga dalam penerapan teknologi informasi belum diketahui tingkat kematangannya. Oleh karena itu, untuk dapat mengetahui tingkat kematangan dari penerapan teknologi informasi diperlukan evaluasi audit tata kelola teknologi informasi. Evaluasi audit tata kelola teknologi informasi ini menggunakan framework COBIT 5 dengan domain yang digunakan yaitu EDM (Evaluate, Direct, And Monitor) pada proses EDM01, EDM02, EDM03, dan EDM05. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran tingkat kematangan (maturity level). Tahapan yang dilakukan menggunakan COBIT 5 sampai pada tahap 4 – Plan Programe, perhitungan menggunakan rata-rata statistik (mean) berupa total nilai dari berbagai item dalam setiap kuesioner. Hasil dari penelitian ini mendapatkan nilai rata-rata indeks kematangan sebesar 1,7 dan tingkat kematangan saat ini berada di level 2. Agar instansi dapat mencapai level target yang diharapkan, maka diberikan rekomendasi pada proses yang telah terpilih, sehingga dapat mencapai tingkat kematangan tata kelola teknologi informasi di Kantor Desa Kebagusan sesuai dengan yang diharapkan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v3i2.2512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhamad Amirudin



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter