APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT SUMATERA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PERANGKAT ANDROID

Jupriyadi Jupriyadi, Aminudin Aziz

Abstract


Sumatera adalah salah satu dari lima pulau terbesar di
Indonesia, karena luasnya maka penduduknya banyak
dan beragam. Dengan keberagaman ini maka Sumatera
menghasilkan aneka ragam kebudayaan salah satunya
rumah adat yang nilai-nilai budayanya kini kian tergeser
oleh budaya modernisasi sehingga rumah adat sangat
perlu untuk dipelajari dan dilestarikan sebagai upaya
bangsa untuk memelihara nilai-nilai warisan budaya dan
tradisi nusantara agar tidak hilang dimakan waktu.
Berdasarkan wawancara di SDN 01 Mekar Jaya, dapat
disimpulkan bahwa terbatasnya media pembelajaran
untuk mengenalkan rumah adat kepada siswa. Dengan
menggunakan teknologi smartphone dan augmented
reality untuk mengenalkan rumah adat Sumatera kepada
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
aplikasi Augmented Reality Rumah Adat Sumatera yang
diharapkan dapat membantu mengenalkan rumah adat
Sumatera kepada siswa kelas 5 SDN 01 Mekar Jaya.
Aplikasi dibuat menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK
yang dijalankan pada perangkat android. Aplikasi ini
dibangun dengan metode Multimedia Development Life
Cycle (MDLC) dengan tahapan yaitu, concept, design,
obtaining material, assembly, testing, dan distribution.
Pada tahap pengujian, aplikasi Augmented Reality
Rumah Adat Sumatera menggunakan pengujian ISO
9126 dari kriteria Usability, Portability, Functionality,
dan Efficiency. Hasil pengujian ISO 9126 kualitas
aplikasi Augmented Reality Rumah Adat Sumatera
diperoleh hasil dari masing-masing kriteria yang
diujikan yaitu: kriteria usability diperoleh nilai sebesar
80%, kriteria portability diperoleh nilai sebesar 90%,
kriteria functionality diperoleh nilai sebesar 90%, dan
kriteria efficiency diperoleh tingkat penggunaan RAM
tidak mengalami kekurangan yang menyebabkan aplikasi
berhenti sedangkan penggunaan CPU oleh aplikasi
berada pada titik tertinggi sebesar 48%

Kata Kunci: Aplikasi, rumah adat, augmented reality, ISO 9126, Unity 3D


Full Text:

PDF

References


Andrea, R., Yulsilviana, E. & Luhat, D. M., 2017. Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Menggunakan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android.

Windhiari, W. D., 2017. Yuk, Mengenal Rumah Tradisional Sumatera. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Pramono, A. & Wiratama, F. D. M., 2018. KONVERGENSI. Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Indonesia Dengan Konsep 3D-Augmented Reality Berbasis Android, p. 10.

Meilani, G. R., 2018. Membangun Aplikasi Augmented Reality Dengan Unity. Surabaya: CV. Gaaruda Mas Sejahtera.

Supardi, Y., 2015. Belajar Coding Android Bagi Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Anggraini, W. & Rohmayati, M., 2018. Pakaian Adat, Senjata Tradisional, dan Rumah Adat (Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Timur). s.l.:Sarana Pancakarya Nusa.

Haryadi, T. & Aripin, 2015. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia. Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar MELALUI Perancangan Game Simulasi “WARUNGKU”, p. 12.




DOI: https://doi.org/10.33365/tft.v1i2.1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 TELEFORTECH : Journal of Telematics and Information Technology



 Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Teknik dan Ilmu  Komputer, Universitas Teknokrat Indonesia
W:  https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/index
E :  telefortech@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
Jurnal Telematics and Information Technology (TELEFORTECH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Support By :

 

 
 Flag Counter