Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Piutang Usaha untuk Menyajikan Pernyataan Piutang (Open Item Statement) Pada PT Chandra Putra Globalindo

Heni Sulistiani, Retno Triana, Neneng Neneng

Abstract


Piutang merupakan aktiva lancar yang sangat penting perputarannya dalam kegiatan usaha. PT Chandra Putra Globalindo merupakan salah satu perusahaan dagang yang menyalurkan pupuk pestisida ke berbagai kantor atau toko di Propinsi Lampung. Kendala yang dihadapi dalam proses pengelolaan piutang usaha pada PT Chandra Putra Globalindo yaitu dalam pembuatan laporan pernyataan piutang masih dilakukan dengan cara posting manual satu persatu untuk setiap debitur. Untuk itu diperlukan pengelolaan piutang yang efektif agar dapat terjaga keamanannya dan dapat menghasilkan informasi yang akurat serta jumlah dana yang diinvestasikan di dalam piutang tidak mengganggu aliran kas sehingga perusahaan dapat mencapai laba maksimal yang diharapkan.

Penelitian ini mengusulkan sebuah sistem yang digunakan untuk pengelolaan data piutang agar dapat melakukan pengelolaan data pengguna, pengelolaan data barang, mencetak rincian daftar barang, pengelolaan data daftar pelanggan, pengelolaan data pesanan, pengelolaan data retur, pengelolaan transaksi penerimaan dan pelunasan piutang serta berdasarkan data yang tersimpan dalam database dapat menghasilkan laporan penjualan dan laporan faktur yang belum lunas (open item statement). Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan Standar ISO 9126-1.

Full Text:

PDF

References


Hendarti, H dan Margaretta, F. 2008. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan. Staff Pengajar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Hery. 2016. Akuntansi Dasar 1 & 2 : Edisi National Best Seller. Jakarta : PT Grasindo.

Noerlina, N dan Ratna. 2006. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Piutang Dagang Studi Kasus PT SAAG Utama. Program Studi Komputerisasi Akuntansi, UBINUS. Jakarta.

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. McGraw-Hill. Americas, New York.

Sidik, Achmad dan Widiawati, Iis. 2016. Rancangan Sistem Informasi Pengelolaan Piutang Dengan Metodologi Berorientasi Objek (Studi Kasus di PT Shinta Woo Sung). Jurnal Sisfotek Global, Vol. 6 No. 17.

Sukendar, Heri dan Selvia. 2010. Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Piutang dan Penerimaan Kas pada PT Nakami Kiema Cemerlang. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Nusantara. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v12i2.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heni Sulistiani, Retno Triana, Neneng Neneng

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter