Analisa Komponen ITSM Pada E-learning Perguruan Tinggi Di Kota Palembang Menggunakan ITIL V.3

Safta Hastini, Widya Cholil

Abstract


E-learning merupakan peralihan proses pembelajaran dari tatap muka langsung di dalam kelas menjadi pembelajaran berbasis digital. Dalam bidang pendidikan, e-learning sebagai kemajuan teknologi informasi telah dimanfaatan sebagai sarana pembelajaran di perguruan tinggi karena dirasakan mampu meningkatkan kegiatan akademik khususnya perguruan tinggi agar menjadi lebih efektif dan efisien. Ketergantungan terhadap TI semakin meningkat untuk mencapai tujuan organisasi perguruan tinggi tersebut. Salah satu tujuan itu adalah menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional dan maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dimana perguruan tinggi yang telah memanfaatkan TI dengan baik akan menjadi perguruan tinggi yang lebih diminati oleh masyarakat. Hal ini disebabkan perguruan tinggi telah memanfaatkan TI dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mendukung penerapannya e-learning perguruan tinggi harus memadai bukan hanya dari aplikasi e-learning maupun user, akan tetapi  proses layanan-layanan berbasis TI pada e-learning perlu diatur dan didukung dengan manajemen layanan TI yang baik agar penerapan e-learning bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan perguruan tinggi. Information Technology Service Management (ITSM) merupakan suatu metode yang sistematis dalam melakukan pengelolaan terhadap layanan TI dengan kerangka kerja IT Infrastructure Library Versi 3 (ITIL v.3) yang terdiri dari 5 proses yaitu service strategy, service design, service transition, service operation dan continual service improvement. ITIL v.3 melakukan perbaikan kualitas layanan TI dan pengukuran secara berkelanjutan terhadap perkembangan layanan TI yang disampaikan kepada pengguna maupun pelanggan, sehingga perguruan tinggi bisa menilai sejauhmana pengelolaan terhadap layanan TI pada e-learning sebagai sarana pembelajaran. Perguruan tinggi yang diteliti adalah perguruan tinggi swasta yang ada di kota Palembang, yaitu Universitas X, Universitas Y dan Universitas Z. Metodologi pengumpulan data menggunakan kuisioner. Selanjutnya data yang didapat dari hasil kuesioner di analisa untuk mengetahui kondisi sistem yang sedang berjalan. Berdasarkan hasil rata-rata penilaian terhadap proses ITIL v.3 nilai maturity level masing-masing perguruan tinggi yang diteliti menghasilkan nilai maturity level 3 (defined). Defined artinya proses-proses yang direncanakan dan sudah dilaksanakan secara rutin dan didokumentasikan dengan standar tertentu.


Full Text:

PDF

References


R. dkk Septriadi, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Simcobit, Studi Kasus pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 10, hal. 45, 2019.

D. Darmawan, Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2016.

N. A. Syafitri dan M. I. Herdiansyah, “PENINGKATAN KINERJA SISTEM E-LEARNING DALAM PERSPEKTIF UNIVERSITAS 4 . 0 MENGGUNAKAN KERANGKA IT BALANCED SCORECARD,” vol. 21, no. 1, hal. 42–48, 2020.

S. Susilowati, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Area Service Operation Menggunakan Kerangaka Kerja ITIL Versi 3 ( Studi Kasus : Pada Dinas Komunikasi Dan Informasi Kota Depok ),” Paradigma, vol. XIV, no. 2, hal. 131–140, 2012.

A. Imron, W. Cholil, dan L. Atika, “Perancangan Helpdesk Sistem Model Berbasis Itil Versi 3 Domain Problem Management Dan Incident Management,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 11, no. 1, hal. 1–8, 2020, doi: 10.36982/jig.v11i1.1065.

A. M. Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2015.

I. Taufik, “Perancangan IT Governance Layanan Akademik Menggunakan Framework ITIL Versi 3 (Studi Kasus: UIN SGD Bandung),” vol. Volume V N, 2011.

Y. P. Handoko, “Pemanfaatan ITIL v3 untuk Mengatasi Masalah Layanan TI pada Sistem Terintegrasi di Perguruan Tinggi ,” Semin. Nas. Sains, Tek. Komput. dan Rekayasa, vol. 3, no. 1, hal. 1–10, 2017.

M. . Widiyanto, Statistika Terapan. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.

T. D. Susanto, Sukses Mengelola Layanan Teknologi Informasi dan Kiat Lulus Ujian Sertifikasi ITIL Foundation (Information Technologi Infrastructure Library). Surabaya: AISINDO, 2017.

C. A. Lillycrop, “itSMF An Introductory Overview of ITIL ® V3,” 2011. [Daring]. Tersedia pada: https://www.academia.edu/7293252/itSMF_An_Introductory_Overview_of_ITIL_v3.

H. H. W. W. and A. I. Hadiana, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Dinas Xyz Dengan Menggunakan Framework Information Technology Infrastructure Library Untuk Mendukung E-Government,” hal. 232–237, 2017.

V. W. Sujarweni, Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2014.

S. Santoso, Panduan Lengkap SPSS Versi 20 Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

AXELOS, “ITIL Maturity Model [White paper],” no. October, 2013.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Safta Hastini, Widya Cholil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter