Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas

Apriade Voutama, Elfina Novalia

Abstract


Mading adalah salah satu jenis media komunikasi masal tulis yang paling sederhana yang sering disebut sebagai majalah dinding, salah satu penerapan mading adalah di Sekolah yang dijadikan tempat atau sumber informasi bagi siswa untuk mengetahu informasi Sekolah baik informasi akademik, pengumuman, ekstrakurikuler, dan lain sebagaianya. Salah satu masalah yang terjadi adalah kurang daya minat siswa dalam melihat dan membaca mading dan hanya sebahagian kecil siswa yang tahu akan informasi sekolah sehingga tidak semua siswa tahu informasi-informasi terbaru sekolah. Dari masalah yang terjadi dengan mengikuti zaman yang serba digital sekarang ini maka perlu adanya inovasi guna merangsang daya minat siswa terhadap sebuah mading yaitu dengan merancang aplikasi M-Magazine berbasis android dengan akses secara mudah baik bagi para siswa maupun bagi para guru hanya berbekal smartphone yang mereka punya aplikasi ini bisa di akses kapan saja dan dimana saja. Aplikasi M-Magazine adalah aplikasi android dengan memanfaatkan beberapa bahasa pemrograman seperti Eclipse adalah IDE untuk mengembangkan perangkat di Platform seperti smartaphone yang di peruntukkan untuk pengguna/user, bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) untuk merancang halaman panel admin sebagai control dari aplikasi, dan MySql yang digunakan sebagai database aplikasi. Dengan adanya aplikasi M-Magazine ini maka seluruh jajaran sekolah baik guru, para siswa, staf sekolah bisa menggunakan dan mendapatkan informasi terbaru dari mading berbasis digital ini dengan mudah serta tidak adanya batasan bagi pengguna aplikasi untuk berbagi informasi baik secar tempat maupun waktu sehingga seluruh pengguna bisa mengakses kapan saja dan dimana saja lebih cepat dan efektif.

Kata Kunci: Mading, M-Magazine, Android, Digital, Sekolah.


Full Text:

PDF

References


Pratama, I Putu Agus Eka,” Sistem Informasi Dan Implementasinya.” Informatika, Bandung, 2014.

Sutabari, Tata, “Analisis Sistem Informasi.” Andi, Jakarta, 2012.

Wijaya ,Bhakti Destian, Fenty E.M.A, dan Andrew Fiade, “Implementasi Json Parsing Pada Aplikasi Mobile E-Commerce” , Jurnal Pseudocode, vol. 2 no. 1, 2015.

Sadeli, Muhammad, “Toko Buku Online dengan Android.” Maxikom, Palembang. 2014.

Nugraha W, Syarif M, Dhermawan, “Penerapan Meotode SDLC Waterfall dalam Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Dekstop,” JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), vol. 03 no. 01, 2018.

Priyudi A, Yudhana A, “Implementasi Googe Maps Pada Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Dompu Menggunakan Model Software Development life Cycle (SDLC)”, Jurnal Mobile and Forensics (MF), vol. 1 no. 2, 2019.

A S, Rosa dan M. Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak.” Informatika, Bandung, 2013.

Tohari, Hamim, “Astah (Analisa serta Perancangan Sistem Informasi melalui Pendekatan UML)”. Andi, Yogyakarta, 2014.

Prihandoyo M.T, “Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web,” Jurnal Informatika (JPIT), vol. 03 no.01, 2018.

Rubiati N, “Aplikasi Informasi Pelayanan Fitness Pada Golden Fitness Center Dumai dengan Bahasa pemrograman PHP,” Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, vol. 10 no.1, 2018.

Aswanti N, “Sistem Informasi Penjualan Tas berbasis Web dengan Pemodelan UML,” Kumpulan Jurnal ilmu Komputer (KLIK), vol 04 no. 01, 2017.

Hidayatullah, Priyanto dan Jauhari Khairul Kawistara,“Pemrograman Web,” Informatika, Bandung, 2014.

Rakhmah S.N, “Pembuatan Aplikasi E-Hadits Pada Smartphone Berbasis Java Eclipse,”, Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SIMNASIPTEK), hal A-62, 2016

Surmayanti, “Penggunaan Bahasa Pemrograman Java Editor Eclipse Helios untuk palikasi English Conversation Pada Mobilephone Berbasis Operation System android,” Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, vol. 9 no. 3, 2016

Ismawan F, “Hasil Ekstraksi Algoritma Principal Component Analysis (PCA) untuk Pengenalan Wajah dengan Bahasa Pemograman Java Eclipse IDE,” Jurnal Sisfotek Global, Vol. 5 no. 1, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Apriade Voutama, Elfina Novalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter