Sistem Monitoring Perawatan dan Perbaikan Fasilitas Gardu PT PLN Area Kota Metro

Agus Wantoro

Abstract


PT  Perusahaan Listrik  Negara (PLN) PERSERO Area Metro  adalah  sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beralamat di jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara No. 99 15A Kauman Metro, Lampung. Penanggulangan laporan gangguan gardu distribusi, petugas sering kali kesulitan dalam pencarian lokasi gardu di lapangan, berimbas pada waktu kerja petugas, belum adanya sistem yang dapat melakukan monitoring terhadap perbaikan dan perawatan fasilitas, belum ada jadwal perawatan yang terkoordinir antara rayon satu dengan  rayon lainnya sering kali membuat petugas kewalahan, penggunaan peta konvensional yang sering membingungkan petugas baru dan lama, belum adanya sistem yang dapat menjembatani kantor rayon dengan gudang tekait permintaan barang. Salah satu solusi yaitu dengan dibuatnya sistem yang dapat memberikan informasi Pemetaan Perbaikan dan Perawatan Fasilitas PT. PLN Area Metro yang digunakan sebagai pengambilan informasi penyebaran distribusi maupun kerusakan area gardu listrik, menjembatani kantor rayon dan gudang dalam hal permintaan suku cadang, serta mengatur jadwal perawatan dan perbaikan gardu distribusi. Sistem yang dibangun telah diuji dengan ISO 25010 dengan  nilai persentase yang diperoleh menunjukkan kualitas perangat lunak dengan karakteristik functionality dan usability mempunyai skala sangat layak, lalu karakteristik reliability dengan skala layak, dapat disimpulkan bahwa fungsionalitas sistem dapat berfungsi dengan baik dan dapat digunakan

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

PT.PLN (Persero), “Keputusan Direksi Pt Pln ( Persero ) Nomor : 0357 . K / Dir / 2003 Tentang PT Perusahaan Listrik Negara (PERSERO) Area Metro Merupakan Cabang Dari PT PLN Distribusi Lampung.” 2003.

B. Winardi, “PERANCANGAN MONITORING SUHU TRANSFORMATOR TENAGA 150 / 20 KV BERBASIS ARDUINO MEGA 2560,” Transmisi, 2017, doi: 10.14710/transmisi.19.3.120-124.

Makkaraka, “SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN MATERIAL LISTRIK PADA GUDANG DI SETIAP RAYON PLN AREA MAKASSAR Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Utama Meraih Gelar Sarjana Komputer pada Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar Oleh : MAKKARAKA,” 2018.

L. Karlina, V. Putratama, and M. Mubassiran, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGADAAN MATERIAL PENUGASAN (Studi Kasus : PT. PLN (PERSERO) Pusharlis UWP III),” Improv. Vol 11 No 2 J. Improv., 2019, [Online]. Available: https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/improve/article/view/749.

H. . Jogiyanto, Sistem Teknologi Informasi. 2009.

R. E. Indrajit, “Manajemen sistem informasi dan teknologi informasi,” PT Elek Media Komputindo, Jakarta, 2001.

T. H. Handoko, “Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia,” in Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia, 2012.

T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. 2012.

PT. PLN (Persero), “Buku 4 : Standar Konstruksi Gardu Distribusi dan Gardu Hubung Tenaga Listrik,” PT PLN, 2010.

E. van Veenendaal, “The ‘ New ’ Standard for Software Product Quality,” 2014, no. March, 2014.

R. Mcleod, “Management Information Systems Chapter 8,” in Management Information Systems, 2008.

A. Acharya and D. Sinha, “Assessing the quality of m-learning systems using ISO/IEC 25010,” Int. J. Adv. Comput. Res., vol. 3, no. 3, p. 67, 2013.

S. Guritno and U. Rahardja, “theory and application of IT Research,” Yogyakarta Andi, 2011.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agus Wantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter