Aplikasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web dan WhatsApp Gateway

Lutfi Hakim, Sepyan Purnama Kristanto, Mohammad Nur Shodiq, Eka Amaliyah

Abstract


Sistem penerimaan dan pengeluaran kas di SMK Nurut Taqwa Songgon masih menggunakan cara konvensional dengan menulis secara manual di buku sehingga proses yang dilakukan kurang optimal, dan banyak sekali kendala yang dihadapi seperti kehilangan data dan butuh waktu yang cukup panjang dalam pengurusannya. Berdasarkan permasalahan yang ada, pada penelitian ini dilakukan pengembangan aplikasi yang dapat membantu pekerjaan bendahara berbasiskan web dan WhatsApp Gateway. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam aplikasi ini menggunakan RAD (Rapid Application Development) dan dibangun menggunakan framework Codelgniter. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah aplikasi ini dapat mempermudah bendahara dalam mengelola data tanggungan siswa dan pencatatan transaksi pengeluaran sekolah, seperti penggajian karyawan, pengelolaan pembayaran siswa dan melihat transaksi penerimaan dan pengeluaran secara keseluruhan di SMK Nurut tanpa memerlukan waktu yang panjang lagi, sedangkan untuk para wali murid dapat terbantu dalam memantau pembayaran yang dilakukan oleh anaknya melalui fitur Whatsapp Gateway. Berdasarkan pengujian yang dilakukan didapatkan bahwa semua fitur yang dikembangkan dapat berjalan sesuai dan tingkat kualitas sistem berkriteria baik dengan presentase sebesar 88.5%.

Full Text:

PDF

References


N. D. Arizona, Yulia, and R. Saputro, “Aplikasi Pengolahan Data Penerimaan Dan Pengeluaran Kas,” J. PILAR Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 253–260, 2018.

A. Rochman, A. Sidik, and N. Nazahah, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web,” J. Sisfotek Glob., vol. 8, no. 1, pp. 51–56, 20218.

M. Fitriadiansyah and L. Bachtiar, “Sistem Informasi Administrasi Keuangan Pada SMK Negeri 3 Sampit Menggunakan PHP Dan MySQL,” J. Penelit. Dosen FIKOM, vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2015.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition, 7th Editio., vol. 9781118592. New York: The McGraw-Hill Companies, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lutfi Hakim, Sepyan Purnama Kristanto, Mohammad Nur Shodiq, Eka Amaliyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter