PERANCANGAN DASHBOARD INTERAKTIF PENJUALAN (STUDI KASUS : PT JAYA BAKERY )

Heni Sulistiani

Abstract


Monitoring penjualan pada PT Jaya Bakery masih dilakukan dengan melihat laporan penjualan dalalm bentuk tabel yang disajikan dalam aplikasi spreadsheet oleh bagian penjualan. Hal tersebut tentu saja membutuhkan waktu yang lama dalam mendapatkan informasi tentang perkembangan penjualan karena laporan tersebut tidak update perharinya. Pimpinan kesulitan dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penjualan, karena data yang disajikan tidak real time dan terkadang terdapat kesalahan data dalam penyajiannya.

Salah satu alternatif pemecahan masalah yang bisa diterapkan adalah dengan membangun sistem dashboard interaktif penjualan. Sistem dashboard interaktif ini dapat mempermudah bagian penjualan dalam menyajikan laporan penjualan secara real time dan memudahkan pimpinan dalam melihat perkembangan penjualan dan melakukan pengolahan data penjualan. Sehingga transaksi penjualan yang terjadi pada saat itu dapat terkontrol dengan baik oleh pimpinan.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, D. 2015. Dashboard Information System Sebagai Pendukung Keputusan Dalam Penjualan Tiket Pesawat Studi Kasus: PT. Nurindo Tour. Jurnal Sistem Informasi.

Ipnuwati, S. 2011. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Minak Singa. Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika .

Ilhamsyah. 2017. Sistem Informasi Penjualan Benang Tekstil Acrylic Berbasis Web (Studi Kasus PT. Acryl Textile Mills Tangerang). Jurnal Sistem Informasi.

Jauhari, J. 2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E-Commerce . Jurnal Sistem Informasi .

Khatulistiwa, A. 2016. Dashboard Untuk Visualisasi Penjualan Voucher Pulsa Elektrik Di Rajawali Reload Mojokerto. Jsika.

Khodiyah, S. 2012. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website Pada Distro Busana Muslim Sekido. Jurnal Sistem Informasi.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v12i1.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heni Sulistiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter