DINAMIKA UMKM DI GRESIK - JAWA TIMUR PADA PERKEMBANGAN ERA DIGITAL DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK

Putri Amelia, Brina Miftahurrohmah

Abstract


Perkembangan UMKM ini juga harus bisa mengimbangi globalisasi pasar yang menuntut peningkatan daya saing dan strategi bisnis yang saat ini tengah beralih ke era digital. Dari survey yang dilakukan BPS (2016) 67% UMKM mengalami kendala. Kendala yang sering dihadapi salah satunya adalah pemasaran (31%). Berdasarkan hasil yang ada, tidak semua UMKM yang ada melakukan implementasi digital didalam membantu kegiatan marketing. Oleh karena itu penelitian kali ini akan dibahas dinamika perubahan permintaan khususnya UMKM makanan perkembangan era digital dengan menggunakan metode pendekatan sistem dinamik. Melalui penggambaran model simuasi akan digambarkan faktor eksternal pelanggan dan faktor internal penjual. Penggambaran model akan dapat diketahui perubahan permintaan sebelum dilakukan implementasi marketing didalam proses bisnis dan saat dilakukan implementasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v14i1.532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Putri Amelia, Brina Miftahurrohmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter