Perancangan Website HoloBell: Hololive Streaming Schedule Berbasis PHP menggunakan Holodex API

Anatasia Aulienda Subandri, Daffa Al-fathir Ismail, Rajih Nibras Maulana, Munawir Munawir

Abstract


Dalam era digital, platform digital seperti YouTube menjadi bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan bagi pengguna gawai untuk saling berbagi momen atau konten dari seluruh belahan dunia, termasuk fenomena Virtual YouTuber (VTuber) yang muncul pada tahun 2016. VTuber menggunakan avatar virtual untuk berinteraksi dengan penonton, menawarkan pengalaman hiburan yang unik dan interaktif. Untuk memenuhi kebutuhan penggemar VTuber, terutama dalam mengakses jadwal streaming yang sering berubah, proyek "Website HoloBell" dikembangkan. Website ini menyediakan informasi lengkap tentang jadwal siaran VTuber dari berbagai saluran dan platform, menggunakan API dari Holodex.net untuk memastikan jadwal selalu memberikan informasi terbaru. Proyek ini menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak Waterfall, yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. Pendekatan Waterfall dipilih karena strukturnya yang memungkinkan analisis kebutuhan yang menyeluruh dan desain yang rinci sebelum melanjutkan ke tahap pengkodean dan pengujian. Metode ini memastikan bahwa setiap tahap diselesaikan dengan memuaskan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, sehingga mengurangi risiko munculnya masalah besar di kemudian hari dalam proses pengembangan. Pengujian dilakukan dengan metode black box, yang difokuskan pada antarmuka pengguna dan fungsionalitas, menunjukkan bahwa semua fitur berfungsi sesuai harapan. Fitur utama meliputi penyaringan jadwal berdasarkan branch dan generasi, kemampuan login, serta kemampuan untuk memilih dan mengatur oshi favorit. Hasil pengujian menunjukkan bahwa website ini mudah digunakan, dipahami, dan tidak memiliki bagian yang tidak konsisten. Masukan pengguna sangat penting dalam proses pengembangan, memberikan wawasan yang membantu menyempurnakan fitur dan kegunaan website. Kemampuan untuk menyaring jadwal berdasarkan branch dan generasi memungkinkan pengguna dengan cepat menemukan siaran yang mereka minati, sementara fitur login memungkinkan pengalaman yang dipersonalisasi. Opsi untuk memilih dan mengatur oshi favorit meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pengguna. Kesimpulannya, "Website HoloBell" berhasil dikembangkan sebagai platform yang meningkatkan aksesibilitas dan pengalaman penggemar dalam mengikuti jadwal streaming VTuber Hololive. Platform ini memperkuat hubungan antara penggemar dan VTuber, menunjukkan efektivitas penggunaan metodologi pengembangan perangkat lunak yang terstruktur dan prinsip desain yang berpusat pada pengguna dalam menciptakan solusi digital yang edukatif dan menghibur.

Full Text:

PDF

References


Nur Azis, T. (2019). Pendidikan dan dakwah melalui media sosial. Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah Bogor, 1-2. http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.31974.37444.

J. P. Suharsono and D. Nurahman, "Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Peningkatan Pelayanan Dan Informasi," Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 7, no. 1, 2024. [Online].Diakses pada 1 Oktober dari https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya299.

Puspitaningrum, D. R., & Prasetio, A. (2019). Fenomena “Virtual YouTuber” Kizuna Ai di kalangan penggemar budaya populer Jepang di Indonesia. MediaTor: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 12(2), 128-140. https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.4758.

Costa, K. I. R. (2022). Pengembangan dan Pembuatan Website: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/359815377_Pengembangan_dan_Pembuatan_Website_Sebuah_Tinjauan_Literatur.

Endra, R. Y., Aprilinda, Y., Dharmawan, Y. Y., & Ramadhan, W. (2018). Analisis Perbandingan Bahasa Pemrograman PHP Laravel dengan PHP Native pada Pengembangan Website. Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, 8(1), 1-10.

Barus, A. C., Harungguan, J., & Manulu, E. (2021). Pengujian api website untuk perbaikan performansi aplikasi ditenun. Journal of Applied Technology and Informatics Indonesia, 1(2), 14-21.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., ... & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Badrul, M. (2021). Penerapan Metode Waterfall Untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), 57-52.

Melinda, M., Borman, R. I., & Susanto, E. R. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Publik Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Jurnal TEKNO KOMPAK, 11(1), 1-4.

Kurniawan, T. A. (2018). Pemodelan Use Case (UML): Kesalahan Umum dan Solusinya. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(1), 77-86. http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201743299.

Khan, S. M. A. (2022). Software requirements engineering: A practical approach. Kindle Edition. C# Corner India, 135-147.

Setiaji, R. S. (2021). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 7(1), 106-109. DOI: 10.31294/jtk.v4i2.

Al-Fedaghi, S. (2021). UML Sequence Diagram: An Alternative Model. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 12(5), 635-640.

El Ghiffary, M. N., Susanto, T. D., & Herdiyanti, A. (2018). Analisis komponen desain layout, warna, dan kontrol pada antarmuka pengguna aplikasi mobile berdasarkan kemudahan penggunaan (Studi kasus: Aplikasi Olride). Jurnal Teknik ITS, 7(1), A143. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Diakses pada 1 Juni 2024 dari https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik/article/download/28723/5000.

Wiwesa, N. R. (2021). User Interface dan User Experience untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 1-15. https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v19i1.4705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anatasia Aulienda Subandri, Daffa Al-fathir Ismail, Rajih Nibras Maulana, Munawir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter