PENERAPAN METODE COST AND BENEFIT ANALYSIS DALAM PENGUKURAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI (STUDY KASUS : CV LAUT SELATAN JAYA)

Heni Sulistiani, Miswanto Miswanto, Damayanti Damayanti

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, kebutuhan teknologi dalam dunia bisnis menjadi sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu perusahaan. Besarnya nilai nominal investasi teknologi informasi (TI) khususnya untuk sistem informasi (SI) pada perusahaan, membuat banyak pihak mulai bertanya-tanya bagaimana cara memperkirakan seberapa besar investasi tersebut memberikan manfaat bagi perusahaan. Agar nilai investasi terhadap teknologi dapat diukur, maka diperlukan suatu strategi yang dapat mengukur besarnya biaya dan nilai manfaat dari investasi TI tersebut. Dengan adanya pengukuran investasi TI diharapkan bahwa investasi yang akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi serta sejalan dengan visi dan misi instansi terkait.

Pengembangan sistem menggunakan metode Extreme Programming, dan perancangan sistem menggunakan UML. Agar penelitian ini tidak bersifat subjektif maka penulis juga menggunakan metode penelitian berupa pengamatan, tinjauan pustaka, dokumentasi. Hasil pengujian sistem menggunakan ISO 9126 dengan karakteristik functionality 87.43% dan usability 85.00% yang telah dilakukan dengan melibatkan 5 Responden sehingga memiliki persentase hasil dengan total rata-rata 86.89%. Nilai persentase yang diperoleh menunjukkan kualitas perangkat lunak keseluruhan mempunyai skala Baik” dan dinilai layak untuk diterapkan pada CV Laut Selatan Jaya.

Full Text:

PDF

References


Hendarti, Henny. 2012. Analisis Investasi Sistem Informasi Dengan Menggunakan Metode Information Economics. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. 106-111.

Istiarni. 2014. Analisis Pengaruh Perpepsi Manfaat. Andi. Yogyakarta.

Pressman. 2010. Pendekatan Praktisi Rekayasa. Perangkat Lunak. Edisi 7. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Rosa, A.S. dan M. Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak. Modula. Bandung.

Rusmin. 2012. Analisis Investasi Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi dengan Metode Cost-Benefit Analysis (CBA). Jurnal IJSN. 39-44.

Sari, Tika Novita. 2016. Analisis Kualitas dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web menggunakan Standard ISO 9126. Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO), Vol. 1, No. 1, Februari 2016.

Sulistiani, Heni dan Dellia Prita. 2016. Evaluasi Kelayakan Investasi Teknologi Informasi Menggunakan Metode Cost Benefit Analysis. Jurnal Konferensi Nasional Sistem Informasi. 1-7.

Sulistiani, Heni, Retno Triana & Neneng Neneng. 2018. Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Piutang Usaha

untuk Menyajikan Pernyataan Piutang (Open Item

Statement) Pada PT Chandra Putra Globalindo. Jurnal Tekno Kompak 12 (2), pp. 34-38.

Wicaksono, Harjunadi. 2016. Audit Kualitas Software ERP Axapta menggunakan Standard ISO 9126. Bina Insani ICT Journal, Vol. 3, No. 1, Juni 2016, pp. 107-121.

Widjanadi, Imelia. 2012. Analisa Investasi Sistem Informasi Administrasi Pada Distributor X dengan Menggunakan Metode Information Economics. Jurnal IT. 1-10.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v14i1.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heni Sulistiani, Miswanto Miswanto, Damayanti Damayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter