PERANCANGAN PROTOTYPE INTERFACE SISTEM INFORMASI KEBERADAAN DOSEN

Evi Dwi Wahyuni, Muhammad Irfan

Abstract


Teknik Informatika merupakan salah satu program studi yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang. Program studi Teknik Informatika memiliki bagian civitas akademika yaitu staff administrasi. Masalah yang sering dihadapi staff administrasi jurusan Teknik Informatika adalah menjawab pertanyaan mahasiswa terkait keberadaan dosen. Hal seperti itu dapat mengganggu kinerja dan fokus kerja staff administrasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, staff administrasi jurusan Teknik Informatika memerlukan sebuah sistem informasi keberadaan dosen. Sebelum membangun sebuah sistem informasi dibutuhkan sebuah perancangan prototype interface web. Penelitian ini menggunakan perancangan User Experience Design Process untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam berinteraksi dengan produk dan pada tahap akhir dilalukan evaluasi Usability Testing untuk uji kebergunaan produk. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan prototype interface sistem informasi keberadaan dosen dan hasil dari evaluasi pengolahan data kuesioner terdapat beberapa pertanyaan yang memiliki nilai skala rendah, oleh karena itu diberikan rekomendasi perbaikan interface dari prototype tersebut untuk pengembangan selanjutnya. Secara umum perbaikan interface terletak pada bagian informasi status keberadaan dosen, simbol icon pada interface web dan desain warna web pada prototype interface. Saran rekomendasi perbaikan dapat digunakan dalam pengembangan lebih lanjut prototype interface ke tahap implementasi coding.

Full Text:

PDF

References


Kusuma, W. A., Noviasari, V., & Marthasari, G. I. (2016). Analisis Usability dalam User Experience pada Sistem KRS- Online UMM menggunakan USE Questionnaire. Jnteti, 5(4), 294–301.

Kenapa Fokus Dalam Bekerja itu Penting (http://bkpp.kaboki.go.id/2017/03/30/kenapa-fokus-dalam-bekerja-itu-penting/ diakses tanggal 6 Februari 2018)

Laudon, Kenneth C, Jane P. Laudon. 2008. Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Salemba Empat, Jakarta.

Usability Testing With Prototypes (https://usabilitygeek.com/usability-testing-prototypes// diakses tanggal 28 Februari 2018)

Wignjosoebroto, S., Sudiarno, A., & Harenda, D. (2011). Perancangan Interface Prototype Web Berdasarkan Pada Aspek Usability ( Studi Kasus : Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja Teknik Industri ITS ), 1–14. Retrieved from http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-8877-2504100030-Paper.pdf

Cao, Jerry, Ben Gremillion, Kamil Ziebak, and Matt Ellis. 2015. “UX Design Process Best Practices.” UXPin 111.

Moh. Nasir, Ph.D, 1999, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia

Sugiyono, P. D. (2006). Statistik Untuk Penelitian. CV ALFABETA Bandung, 10(1), 403. 21

Battleson, B., Booth, A., & Weintrop, J. (2001). Usability testing of an academic library Web site: a case study. The Journal of Academic Librarianship, 27(3), 188–198. https://doi.org/10.1016/S0099-1333(01)00180-X

Kuswanto, H. (2006). Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan PT . Bank Rakyat Indonesia , Tbk dan PT . FIF Group berdasarkan Buku “ The Principle of Beautifull Website Design ( 2nd Edition ) By Jason Beaird .”




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v14i1.461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Evi Dwi Wahyuni, Muhammad Irfan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter