Analisis Kualitas Website Universitas Alma Ata Menggunakan Pendekatan WebQual 4.0

Cholid Pratama, Nur Rachman Dzakiyullah, Asti Ratnasari, Avrillaila Akbar Harahap

Abstract


Kualitas website sangat krusial untuk memberi kepuasan kepada pengguna, dengan menyediakan kemudahan akses dan informasi sesuai kebutuhan pengguna. Hingga saat ini website Universitas Alma Ata belum ada penilaian mengenai kualitas situs web sesuai kepuasan mahasiswa, sehingga hasil pengukuran kualitas website dengan pendekatan WebQual 4.0 dapat dijadikan rekomendasi dalam evaluasi dan pengembangan website selanjutnya. Studi ini dilaksanakan guna memahami pengaruh kualitas website Universitas Alma Ata sehubungan dengan kepuasan mahasiswa memakai pendekatan WebQual 4.0 dan mengetahui variabel yang berdampak signifikan untuk meningkatkan kualitas website. kelebihan metode WebQual 4.0 adalah, penggunaaan teknik pengukuran yang berfokus pada pandangan pengguna akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner berbasis skala likert 1-5 yang didistribusikan melalui google form kepada mahasiswa aktif jenjang S1 Universitas Alma Ata yang pernah mengakses website Universitas Alma Ata. Metode pengambilan sampel memakai purposive sampling, sementara ukuran sampel ditetapkan memakai rumus Slovin pada toleransi kesalahan 5%, menghasilkan total sampel sejumlah 367. Data yang didapatkan dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan memakai software SPSS 25. Hasil penelitian diperoleh  uji hipotesis secara parsial variabel kegunaan, kualitas informasi, kualitas layanan interaksi berdampak yang signifikan pada kepuasan pengguna (user satisfaction). Hasil koefisien determinasi yakni 0,733 Ini membuktikan  semua variabel independen secara simultan berdampak yakni 73,3% pada variabel dependen (user satisfaction).


Full Text:

PDF

References


R. Firdaus, “Analisis Pengukuran Kualitas Website Cakrawalamedia.Co.Id Dengan Memakai Metode Webqual 4.0,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2020.

E. D. Rasman, “Analisa Website Moodle PT XYZ Dengan Memakai Metode Webqual 4.0,” J. TeIKa, vol. 12, 2022.

A. Maulana and Tukino, “Analisis Kualitas Website E-ATB Dengan Metode WebQual 4.0,” Int. J. Adv. Data Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 62–72, 2023, doi: 10.25008/ijadis.v4i1.1260.

M. Y. Ardiansyah, Mochammad Fuad Pandji Fikri, M Rizal Abdullah Rozi, Muhammad Nizar Zulmi, and Vanya Nouvanty, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Memakai Pendekatan Model WebQual 4.0 Pada Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur,” J. Inf. Syst. Artif. Intell., pp. 39–46, 2022, doi: https://doi.org/10.26486/jisai.v3i1.91.

S. Raharja, R. Fadhli, M. Bustari, and W. M. Wijaya, “Analysis of the quality of the vocational high school library website with the WebQual 4.0 method,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 18, no. 2, pp. 219–231, 2022, doi: 10.22146/bip.v18i2.4952.

T. Rahmat, E. Nuryani, D. Siswanto, and G. Undang, “ServQual and WebQual 4.0 for usability check academic information system of private university,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1869, no. 1, pp. 0–5, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1869/1/012097.

R. R. Rerung, M. Fauzan, and H. Hermawan, “Website Quality Measurement of Higher Education Services Institution Region IV Using Webqual 4.0 Method,” Int. J. Adv. Data Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 89–102, 2020, doi: 10.25008/ijadis.v1i2.185.

Arliza Chairani Setiawan and Baroroh Lestari, “Implementation Of Webqual 4.0 For Measuring Website Quality For User Satisfaction ( A Case Study on University Polytechnic of Hauts-de-France ),” Int. J. Adv. Technol. Eng. Inf. Syst., vol. 3, no. 2, pp. 1–16, 2024.

S. Nurhasanah and A. A. Harahap, “Evaluasi Tingkat Kesiapan Pengguna Sistem Single Sign on Pada Portal Universitas Alma Ata Memakai Metode Technology Readiness Index (Tri),” Indones. J. Bus. Intell., vol. 5, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.21927/ijubi.v5i1.2126.

B. Ardi Muliyanto.m, Marlina, and Renny, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Kualitas Website Digital Invitation17 Memakai Metode Webqual 4.0,” Jtriste, vol. 9, no. 2, pp. 103–112, 2022, doi: 10.55645/jtriste.v9i2.383.

M. L. Hamzah, R. F. Rahmadhani, and A. A. Purwati, “An Integration of Webqual 4.0, Importance Performance Analysis and Customer Satisfaction Index on E-Campus,” J. Syst. Manag. Sci., vol. 12, no. 3, pp. 25–50, 2022, doi: 10.33168/JSMS.2022.0302.

L. Setiawati, E. Siti Aulia, R. Cynthia Johan, A. Hadiapurwa, and Ardiansah, “Studi Analisis Website Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD),” J. Pengemb. Kearsipan, vol. 15, no. 1, pp. 84–97, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.22146/khazanah.72775

Irpan Kurniyado and Rahayu Amalia, “Analisis Kualitas Layanan Website Sistem Informasi Akademik Universitas PGRI Palembang Memakai Metode Webqual 4.0,” Fourth Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 410–417, 2022, [Online]. Available: https://repository.binadarma.ac.id/6946/

F. Titiani, Erni, D. Riana, C. Budihartanti, S. Rahmatullah, and T. A. Tutupoly, “Analysis of User Satisfaction on Corona.Jakarta.go.id Website: Use Webqual Method 4.0,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1641, no. 1, pp. 0–6, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1641/1/012015.

S. J. Barnes and R. Vidgen, “Measuring web site quality improvements: A case study of the forum on strategic management knowledge exchange,” Ind. Manag. Data Syst., vol. 103, no. 5–6, pp. 297–309, 2003, doi: 10.1108/02635570310477352.

D. H. Gutama, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Payment Gateway Cv Adikara Payment,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 3, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.21927/ijubi.v3i1.1178.

M. P. Gunadinnusa and D. Hamdani, “Quality Analysis of the Jakartanotebook.Com Website Using Webqual 4.0,” IJISCS (International J. Inf. Syst. Comput. Sci., vol. 4, no. 3, p. 123, 2020, doi: 10.56327/ijiscs.v4i3.931.

Ietje Nazaruddin and Agus Tri Basuki, Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Danisa Media, 2015.

A. Nurhadi, N. Yunita, A. Mukhayaroh, and A. Sahirudin, “Implementation Of Webqual 4.0 For Measuring The Quality Of Baznas.Go.Id Website For User Satisfaction,” SinkrOn, vol. 3, no. 2, p. 260, 2019, doi: 10.33395/sinkron.v3i2.10103.

A. Ratnasari, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Pada Kinerja Portal Universitas Alma Ata Memakai Pendekatan End-User Computing Satisfaction Dan Delone and Mclane Model,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 1, no. 2, p. 66, 2019, doi: 10.21927/ijubi.v1i2.897.

F. Chrisber KawiIarang, M. Fajar, and S. Bahri, “Analisis Kualitas Website Mind and Soul Memakai Metode Webqual 4.0,” Jtriste, vol. 9, no. 2, pp. 1–11, 2022, doi: 10.55645/jtriste.v9i2.373.

S. Ningsih and H. H. Dukalang, “Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda,” Jambura J. Math., vol. 1, no. 1, pp. 43–53, 2019, doi: 10.34312/jjom.v1i1.1742.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v19i1.4502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Rachman Dzakiyullah, Cholid Pratama, Asti Ratnasari, Avrillaila Akbar Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter