Pengukuran Tingkat Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi Dealer Akastra Toyota Menggunakan COBIT 5
Abstract
Teknologi informasi memliki peranan yang sangat penting untuk mendukung operasional sebuah organisasi dan bisnis. Saat ini, teknologi informasi telah diterapkan di segala bidang, termasuk dalam bisnis otomotif seperti dealer mobil. Akastra Toyota adalah salah satu dealer resmi yang telah mengimplementasikan teknologi informasi untuk melakukan operasional proses bisnisnya menggunakan Dealer Management System. Namun dalam implementasinya ditemukan permasalahan seperti tidak dijalankannya beberapa proses operasional sistem, adanya duplikasi pekerjaan secara manual dan sistem, serta komponen pendukung sistem yang terkadang bermasalah, sehingga berdampak pada efektivitas dan efisiensi sistem. Untuk menjawab permasalahan yang ditemukan, maka perlu dilakukan evaluasi kinerja tata kelola teknologi informasi menggunakan framework COBIT 5. Metode kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner. Evaluasi tersebut bertujuan untuk mengukur tingkat kapabilitas tata kelola teknologi informasi berdasarkan proses DSS01 (Manage Operations), DSS03 (Manage Problems), dan DSS06 (Manage Business Process Controls), serta untuk memberikan rekomendasi perbaikan dalam penerapan tata kelola teknologi informasi yang berjalan. Dari hasil penelitian, tingkat kapabilitas DSS01 dan DSS06 berada pada level 3 (Established Process) dengan nilai kapabilitas DSS01 adalah 3,00 dan nilai kapabilitas DSS06 adalah 3,05. Untuk proses DSS03 ada di level 2 (Managed Process) dengan nilai kapabilitas 2,32. Sementara harapan di masa mendatanag berada pada level 4 (Predictable Process). Dari hasil tersebut dibuatlah rekomendasi untuk DSS01 yaitu mengadakan sistem helpdesk yang memuat menu backup log dan log peristiwa, mengadakan kontrak kerjasama dengan penyedia layanan, serta menambahkan aturan pemantauan aset dan kondisi peristiwa beserta dashboard untuk pemantauan. Rekomendasi untuk DSS03 yaitu mendefinisikan kriteria klasifikasi masalah beserta skema klasifikasinya, mengadakan sistem helpdesk yang memuat daftar masalah, laporan status, dan laporan penyelesaian masalah, serta melakukan analisis mendalam pada tren masalah untuk menemukan solusi berkelanjutan. Dan rekomendasi untuk DSS06 yaitu membuat laporan bulanan mengenai pemrosesan informasi, pelanggaran, dan hasil mutu setiap proses. Selain itu mengadakan dashboard monitoring dan media komunikasi antar pihak terkait, serta membuat panduan mengenai persyaratan work product, proses dokumentasi, dan proses kontrol.
Full Text:
PDFReferences
D. Yoseph, Y. Ferdinand, J. Asteria, and S. Akuntansi, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Penjualan pada Perusahaan Percetakan Excellent di Surabaya.”
A. Rahmadiah and E. Zuraidah, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Audit Sistem Informasi Aplikasi Payroll Management System Menggunakan Framework COBIT 5,” Media Online), vol. 4, no. 2, pp. 890–902, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1064.
M. A. Machmudi, “Peran Teknologi Informasi dalam Usaha Meraih Kesempatan Masa Depan Organisasi,” 2019.
S. Susanti, E. Wiwaha, and A. W. Tyas, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan,” 2020. [Online]. Available: https://ejournal.jic.ac.id/ideb/
A. Wiraniagara, D. Agustinus, and F. Wijaya, “Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 Domain Deliver Support And Service (Studi Kasus: Yayasan Eka Tjipta, Jakarta),” SEBATIK, pp. 663–671, 2019.
Muhammad Syafrizal Putra Kusuma Zein, “Evaluasi Tata Kelola Ti Menggunakan Framework Cobit 5.0 Domain DSS(Deliver, Service, Support) Pada PT Heksa Solution Insurance,” 2023, [Online]. Available: https://repository.mercubuana.ac.id/
E. Susanto and T. Sutabri, “Analisis Kualitas Pelayanan E-Library Menggunakan Framework Cobit 5 Pada Perpustakaan Universitas Bina Insan Lubuklinggau Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology Analisis Kualitas Pelayanan E-Library Menggunakan Framework Cobit 5 Pada Perpustakaan Universitas Bina Insan Lubuklinggau,” vol. 1, no. 2, pp. 95–103, 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i2.127.
M. Widya Astuti and A. Reza Perdanakusuma, “Evaluasi Teknologi Informasi menggunakan COBIT 5 Fokus Proses DSS02, DSS03, dan DSS04 (Studi Kasus: PT. Garam (Persero)),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
R. Damayanti and A. D. Manuputty, “Analysis of Information Technology Governance In Department of Communication and Informatics of Salatiga Using COBIT 5 Framework Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga Menggunakan Framework COBIT 5,” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 1, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://journal-isi.org/index.php/isiPublishedByDRPM-UBD
Information Systems Audit and Control Association., COBIT 5 : a business framework for the governance and management of enterprise IT. ISACA, 2012.
Information Systems Audit and Control Association., Enabling Processes skills and knowledge through the globally respected Certified Information Systems Auditor ® (CISA ® ), Certified Information Security Manager ® (CISM ® ), Certified in the Governance of Enterprise IT ® (CGEIT ® ) and Certified in Risk and Information Systems Control TM (CRISC TM ) designations. ISACA continually updates COBIT ® , which helps IT professionals and enterprise leaders fulfil their IT governance and management responsibilities. 2012. [Online]. Available: http://linkd.in/ISACAOfficial
N. Aysyah, A. Novianto, and I. T. P. Suherman, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan COBIT 5 (Studi Kasus: PT Bina Artha Ventura),” 2023, [Online]. Available: https://repository.mercubuana.ac.id/
Information Systems Audit and Control Association, Process Assessment Model (PAM): Using COBIT ® 5 (CISA ® ), Certified Information Security Manager ® (CISM ® ), Certified in the Governance of Enterprise IT ® (CGEIT ® ) and Certified in Risk and Information Systems Control TM (CRISC TM ) designations. ISACA continually updates and expands the practical guidance and product family based on the COBIT ® framework. COBIT helps IT professionals and enterprise leaders fulfil their IT governance and management responsibilities. 2013. [Online]. Available: http://linkd.in/ISACAOfficial
Gus Mahrus, “Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 Pada Pusat Manajemen Informasi (PMI), Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT),” 2017. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/
P. Cahyaningrum, D. M. Putri, and M. Z. Abidin, “Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5 Pada Divisi Merchandise Inspector PT Swalayan Sukses Abadi,” 2023, [Online]. Available: https://repository.mercubuana.ac.id/
DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v19i1.4316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Miko Prasetyo, Fajar Masya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E : teknokompak@teknokrat.ac.id.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter