Aplikasi Kasir Dan Booking Service Pada Bengkel Ali Palembang Menggunakan Framework CodeIgniter

Kemas Muhammad Wahyu Hidayat, Nandita Oktariani, Jimmie Jimmie

Abstract


Perkembangan teknologi informasi telah mengubah lingkungan bisnis secara total. Transformasi digital mempengaruhi berbagai sektor, mendorong inovasi baru dalam bisnis. Teknologi informasi memfasilitasi penciptaan, penyimpanan, dan distribusi informasi. Dengan data, berbagai aktivitas seperti pengelolaan, pengolahan, dan transformasi data menjadi informasi yang berkualitas dapat dilakukan. Persaingan bisnis yang semakin ketat dan perkembangan teknologi memerlukan perubahan untuk mencapai tujuan, sekaligus menghadapi tantangan yang ada. Perilaku konsumen juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi persaingan bisnis digital. Inovasi teknologi menjadi kunci dalam pengembangan bisnis, dengan menciptakan solusi digital yang menarik dan efisien, seperti aplikasi atau website yang digunakan oleh perusahaan besar untuk meningkatkan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi layanan kasir dan booking menggunakan Framework CodeIgniter untuk meningkatkan efisiensi pelayanan di Bengkel Ali Palembang. Dengan mengidentifikasi permasalahan seperti pencatatan transaksi manual dan customer backlog yang membuat pelanggan menunggu lama, penelitian ini menawarkan solusi berupa sistem yang lebih terstruktur. Metode pengembangan yang digunakan adalah Metode Waterfall yang digunakan sebagai kerangka tahap perencanaan, pengembangan dan implementasi sistem. Penelitian ini dibatasi oleh penggunaan Framework CodeIgniter dan fokus pada transaksi kasir dan layanan pemesanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu sistem yang dapat menunjang transaksi dan memudahkan pemilik bengkel dan konsumen. Manfaatnya antara lain meningkatkan efisiensi layanan transaksi dan mengurangi kerugian akibat kesalahan penetapan harga. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan efektivitas bisnis pada Bengkel Ali Palembang.


Full Text:

PDF

References


R. Maryatmo and D. . Pementa, “Peran Aplikasi Digital Pada Kinerja Bisnis Kedai Kopi Mikro di DIY,” vol. 35, no. 1, 2023.

R. B. Agung, S. Wulandari, R. R. Rahayu, and A. P. Pratama, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BOOKING ONLINE JASA SERVIS SEPEDA MOTOR DAN SPARE PART PADA CV. ABADI JAYA SERVICE,” vol. 1, no. 1, 2024.

A. Mulyani, R. Setiawan, and R. A. Rusmana, “Rancang Bangun Aplikasi Kasir Penjualan pada Usaha Mikro Kecil Mengengah 3Manstore Berbasis Web,” vol. 19, no. 2, 2022.

M. Rizky and Y. Sugiyani, “Sistem Informasi Pemesanan E-Tiket Kapal Laut pada PT. Bandar Bakau Jaya,” 2018.

J. Renaldo, “Kasir: Apa Itu, Tugas dan Tanggung Jawab, Skill, & Gajinya,” 2023.

Pengertianku.net, “Pengertian Kasir adalah; Tugas, Tantangan dan Kemampuannya,” 2021, 2021.

M. A. Choirudin, D. H. Satyareni, and E. Kurniawan, “Implementasi Framework Codeigniter Pada Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Kerja Praktik di Program Studi Sistem Informasi,” vol. 9, no. 1, 2023.

S. Tita Faulina et al., “Penerapan Metode Waterfall pada Aplikasi Pemesanan Soundsystem Dan Organ Tunggal Jefri,” Jik, vol. 12, no. 2, pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: www.polinpdg.ac.id

A. Rifai and Y. P. Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.64.

R. Rosaly and A. Prasetyo, “Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan,” Https://Www.Nesabamedia.Com, vol. 2, p. 2, 2019, [Online]. Available: https://www.nesabamedia.com/pengertian-flowchart/https://www.nesabamedia.com/pengertian-flowchart/




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i2.4229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kemas Muhammad Wahyu Hidayat, Nandita Oktariani, Jimmie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter