Implementasi Algoritma K-Means Clustering Terhadap Penjualan Produk Pada AAS Toserba Jatibarang

Rindiyani Khaerunnisa

Abstract


Studi ini menyelidiki pola pembelian pelanggan di AAS Toserba Jatibarang menggunakan algoritma Clustering K-Means. Data penjualan dimasukkan ke dalam tiga kelompok: "Tidak Laris", "Laris", dan "Paling Laris". Hasilnya menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam perilaku pembelian antara kelompok pelanggan tersebut. Hasil ini dapat menambah literatur analisis pola pembelian konsumen menggunakan metode clustering dan memberikan wawasan yang berharga bagi manajemen toserba untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan.



DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i2.4200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rindiyani Khaerunnisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter