Evaluasi Kualitas Website English Competency Test (ECT) Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS dan IPA

Fathya Yuanita Azzahra, Dedy Agung Prabowo

Abstract


Semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan menghasilkan tenaga kerja yang bertalenta. Salah satunya yaitu keterampilan berbahasa Inggris yang diperlukan agar SDM dapat bersaing secara global dalam bidang pendidikan. Seiring dengan keadaan yang demikian, ITTP menganggap penting kemampuan bahasa inggris mahasiswanya. Hal ini dilakukan dengan cara mewajibkan seluruh mahasiswa melakukan tes TOEFL melalui website ECT. Website English Competency Test (ECT) ITTP merupakan sebuah platform daring yang dikembangkan dan dioperasikan oleh Pusat Bahasa ITTP untuk mengukur kemampuan bahasa asing sesorang. Hasil penyebaran kuesioner pra-penelitian kepada mahasiswa ITTP yang pernah mengakses atau menggunakan website didapatkan beberapa permasalahan berdasarkan keluhan pengguna yaitu tampilan website ECT yang dirasa masih kurang menarik dan sulit dipahami, informasi yang kurang lengkap mengenai petunjuk penggunaan website, dan masalah dengan server yang sering terjadi down. Karena masalah ini berdampak pada kepuasan pengguna, penting untuk melakukan evaluasi kualitas website ECT. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini akan berfokus pada evaluasi dan pengukuran kualitas website menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil evaluasi terhadap kualitas ECT dengan menggunakan kedua metode tersebut menunjukkan hasil analisis tingkat kesesuaian 93,67% tidak mencapai 100%, hal ini mengindikasikan bahwa layanan tersebut belum sepenuhnya memuaskan harapan penggunan Hasil rata-rata GAP untuk semua indikator -0,23 atau nilai GAP < 0 hal ini menunjukkan bahwa belum memenuhi harapan pengguna. Berdasarkan hasil diagram kartesius IPA menunjukan perlu adanya peningkatan kualitas atau perbaikan pada kudaran I yaitu indikator “CON4, FOR2, EOU1, EOU2” dan kuadran III “CON3, ACC3, FOR1, TIM2”.

Full Text:

PDF

References


R. Agustina and L. A. Abdillah, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Third Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 692–701, 2021.

M. Husaini, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang (E-Education),” J. Mikrotik, vol. 2, no. 1, 2014.

B. Dimas, “APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022,” DataIndonesia.id, 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022 (accessed Dec. 25, 2022).

M. Yamin and Syahrir, “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran),” vol. 6, no. 1, pp. 126–136, 2020.

F. Sofia Lumowa, H. Najoan, and S. Pangemaanan, “Peran Pemerintah Daerah dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi di Desa Tondei I Kabupaten Minahasa Selatan,” J. Goverbance, vol. 1, no. 2, 2021.

I. Fitriana, “Menguasai Bahasa Inggris : Bekal Potensial Pengembangan Wirausaha”.

W. Nugroho, “Evaluasi Kualitas Digital Payment OVO Berdasarkan Faktor Usability Standar ISO/IEC 9126,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 14–19, 2022, doi: 10.31294/ijcs.v1i1.1123.

M. A. Yazid, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS ( End-User Computing Satisfaction ) dan IPA ( Importance Performance Analysis ),” vol. 3, no. 9, 2019.

L. Darwati, “Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 2, pp. 34–42, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

A. Saputra and D. Kurniadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, p. 58, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i3.105157.

A. Hartini, “Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Di SDN Sungkai 1 Kabupaten Banjar”.

I. Fanami, S. P. Djati, and K. Silvanita, “Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus RSU UKI),” vol. 9220, no. 1, pp. 40–53.

L. D. Anggraini, P. Deoranto, and D. M. Ikasari, “Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index,” J. Ind., vol. 4, no. 2.

N. R. D. Pujiastuti and P. H. Suwardi, “Evaluasi Kualitas Website Program Studi Informatika Menggunakan Framework Webqual 4 . 0 dengan Metode Perhitungan Importance Performance Analysis ( IPA ),” vol. 20, no. 1, pp. 83–94, 2023, doi: 10.30595/sainteks.v20i1.15288.

M. N. Farisi and E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Aplikasi Performance Simanis dengan Metode End User Computing Satisfaction ( EUCS ),” J. Informatics Manag. Inf. Technol., vol. 2, no. 3, pp. 109–121, 2022, doi: 10.47065/jimat.v2i3.169.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i2.4171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fathya Yuanita Azzahra, Dedy Agung Prabowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter