Analisis Ulasan Pengguna Aplikasi Seabank Dengan Support Vector Machine Dan Naïve Bayes
Abstract
Aplikasi perbankan digital seperti Seabank, telah menjadi bagian dari kebutuhan kehidupan saat ini. Diluncurkan pada Februari 2021 oleh PT Bank Seabank Indonesia, dan meraih popularitas yang signifikan. Penggunaan aplikasi ini menghasilkan sejumlah besar ulasan yang mencerminkan sentimen pengguna terkait dengan kinerja, layanan dan keamanan aplikasi. Memahami sentimen positif, netral, dan negatif dari ulasan pengguna. Seabank memungkinkan untuk mendapatkan wawasan tentang tingkat kepuasan pelanggan, kelemahan aplikasi, dan area perbaikan yang diperlukan. Untuk itu penting dilakukan analisis data dan klasifkikasi ulasan pengguna. Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja dua algoritma klasifikasi, yaitu Support Vector Machine (SVM) dan Naïve Bayes, dalam mengklasifikasikan sentimen ulasan pengguna. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 3789 data, pembagian rasio 80% training dan 20% testing. Hasil pelabelan menunjukkan adanya 438 sentimen positif, 1379 sentimen netral, dan 77 sentimen negatif. Sedangkan hasil pelabelan oleh ahli bahasa menunjukkan jumlah 1100 sentimen positif, 308 sentimen netral, dan 486 sentimen negatif. Hasil pengujian akurasi menggunakan confusion matrix menunjukkan bahwa algoritma Support Vector Machine memiliki nilai akurasi tertinggi sebesar 63%, sedangkan algoritma Gaussian Naïve Bayes memiliki nilai terendah sebesar 30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model SVM lebih efektif dalam mengklasifikasikan sentimen ulasan pengguna aplikasi Seabank daripada model Naïve Bayes.
Full Text:
PDFReferences
S. N. N. G. T. I. Alun Sujjadaa, ""analisis sentimen terhadap review bank digital menggunakan metode support vector machine (SVM)"," rekayasa teknologi nusa putra, vol. Vol 9 No 2 (2023), 2023.
B. M. C. H. F. J. J. L. A. N. F. Jesslyn, ""Analisis Strategi Bisnis dan Tingkat Persaingan dengan Kompetitor pada Perusahaan Seabank dalam Dunia Perbankan"," Jurnal Mirai Management, Vols. Vol 8, No 2 (2023), 2023.
I. G. A. p. a. L. K. A. S. S. T. W. N. S. P. A. Erni Febrina Harahap, ""Digital bank transformation: A content analysis of SEABank"," komunikasi profesional, vol. Vol. 7 No. 3 (2023), 2023.
A. F. G. D. Asep Saepudin, ""Perbandingan Algoritma Klasifikasi Support Vector Machine, Random Forest dan Logistic Regression Pada Ulasan Shopee"," teknokompak, Vols. Vol 18, No 1 (2024), 2024.
e. w. Noviah Dwi Putranti, ""Analisis Sentimen Twitter untuk Teks Berbahasa Indonesia dengan Maximum Entropy dan Support Vector machine"," IJCCS (indonesia jurnal of computing and cybernetics system), Vols. Vol 8, No 1.
T. S. S. Y. A. Mujaddid Izzul Fikri, ""perbandingan metode naive bayes dan support vector machine pada analisis sentimen twitter"," STIKI Informatika Jurnal, vol. Vol 10 No 02 (2020), 2020.
L. B. I. d. M. A. Mudeb, ""perbandingan metode klasifikasi support vector machine dan naive bayes untuk analisis sentimen ulasan tekstual di google play store"," ILKOM Jurnal Ilmiah , vol. Vol. 12 No. 2, 2020.
A. F. S. F. Friska Aditia Indriyani, ""Analisis sentimen aplikasi tiktok menggunakan algoritma naïve bayes dan support vector machine"," TEKNOSAINS: Jurnal Sains, Teknologi dan Informatika, vol. Vol 10 No 2 (2023), 2023.
a. U. V. f. e. R. W. samsir, "analisis sentimen Pembelajaran Daring Pada Twitter di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Naïve Bayes," media informatika budidarma, Vols. vol 5, Nomor 1, pp. 157-163, 2021.
G. A. L. B. A. W. D. S. P. Bobby Kurniadi W. Hariyanto Prasetyo, ""Analisis Perbandingan Algoritma SVM dan CNN untuk Klasifikasi Buah"," SENAMIKA, Vols. Vol 2, No 2 (2021), 2021.
F. S. Selva Indah Nurhafida, "Analisis Sentimen Aplikasi Novel Online Di Google Play Store Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM)," J-SAKTI (sains komputer informatika), vol. VOL 6 NO 1 9 (2022), Maret 2022.
S. A. P. dwi normawati, ""Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen berbasis teks pada twiiter"," J-SAKTI (sains komputer dan informatika), Vols. vol 5, no 2 (2021), 2021.
E. D. N. M. H. A. winda yulita, ""Analisis Sentimen Terhadap Opini Masyarakat Tentang vaksin covid-19 menggunakan algoritma naive bayes Classifier"," E-Journal Universitas Teknokrat Indonesia, Vols. Vol. 2, No. 2, 2021, pp. 1-9, 2021.
G. F. N. W. E. S. Dianati Duei Putri, ""analisis sentimen kinerja dewan perwakilan rakyat (DPR) pada twitter menggunakan metode niave bayes classifier"," jurnal informatika dan teknik elektro tarapan, Vols. Vol 10, No 1 (2022), 2022.
J. J. A. Limbong, ""Analisis Klasifikasi Sentimen Ulasan pada E-Commerce Shopee Berbasis Word Cloud dengan Metode Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor"," satya wacana institutional repository, 2022.
DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i2.4156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cindy Nada Adela, Sri Karnila, Sutedi, Melda Agarina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E : teknokompak@teknokrat.ac.id.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter