Penerapan CPI dan ROC dalam Sistem Pendukung Keputusan Perguruan Tinggi Komputer Swasta di Semarang

Nindya Yanuar Sadewa, Estiawan Rif’at, Dimas Putra Fratama, Agusta Praba Ristadi Pinem

Abstract


Abstrak Pemilihan perguruan tinggi menjadi keputusan krusial dalam perjalanan akademis, khususnya di bidang teknologi informasi di Kota Semarang. Pesatnya perkembangan teknologi mempengaruhi preferensi lulusan SMA, dan banyak perguruan tinggi komputer swasta bersaing dalam menghasilkan lulusan berkualitas. Hal ini membuat banyak calon mahasiswa yang kesulitan memilih perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi swasta (PTS) yang menawarkan mata kuliah di bidang teknologi informasi (komputer). Penelitian ini akan membahas tentang Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk menentukan ranking perguruan tinggi yang terbaik. Untuk menentukan perankingan akan ada 5 kriteria yang dijadikan sebagai penilaian, yaitu akreditas perguruan tinggi, SPI, UKT, jumlah mahasiswa, dan jumlah dosen. Untuk data yang digunakan berasala dari situs resmi PPDikti Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Composite Performance Indeks (CPI) dan Rank Order Centroid (ROC). Rank Order Centroid (ROC) digunakan untuk memberikan nilai dari setiap kriteria. Sementara Composite Performance Indeks (CPI) digunakan untuk mengehitung berbagai alternatif dan membuat perankingan alternatif. Melalui analisis kriteria-kriteria yang relevan, pembobotan menggunakan metode ROC, dan perhitungan menggunakan metode CPI, penelitian ini berhasil menghasilkan peringkat perguruan tinggi komputer swasta yang terbaik. Dari hasil penelitian, UDINUS menduduki peringkat tertinggi dengan nilai indeks 3266,88, diikuti oleh USM, dan UNISBANK. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa UDINUS merupakan alternatif terbaik bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studi di bidang teknologi informasi di Kota Semarang. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan metode SPK untuk pemilihan perguruan tinggi komputer. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan panduan yang berharga bagi calon mahasiswa dalam membuat keputusan pendidikan yang lebih informan dan sesuai dengan kebutuhan mereka, serta menjadi sumbangan dalam literatur penelitian terkait pengambilan keputusan di bidang pendidikan tinggi.

Full Text:

PDF

References


Solikhun, “PERBANDINGAN METODE WEIGHTED PRODUCT DAN WEIGHTED SUM MODEL DALAM PEMILIHAN PERGURUAN SWASTA TERBAIK JURUSAN KOMPUTER”.

Z. Mutaqin, L. Wulandari, and U. Gunadarma, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta Program Studi Teknologi Informasi (Komputer) Di Provinsi DKI Jakarta Menggunakan Metode Fuzzy Inference System (FIS) Tsukamoto.”

P. J. Perguruan, T. Menggunakan, A. Fuzzy, and M. Rizdania, “Sistem Pendukung Keputusan (SPK).”

B. Prasetya Adhi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMPREDIKSI KELULUSAN MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES.”

D. P. Utomo and B. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan (TENDIK) Dengan Menggunakan Metode SMARTER,” Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika), vol. 5, no. 2, pp. 140–152, Nov. 2021, doi: 10.31603/komtika.v5i2.5619.

Z. Sipahutar, B. Nadeak, and P. Ramadhani, “Penerapan Metode Composite Performance Index (CPI) Dalam Penerima Bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE),” Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), vol. 2, no. 3, p. 255, May 2021, doi: 10.30865/json.v2i3.2627.

H. Haeruddin, R. T. Aldisa, K. Khairunnisa, M. Mesran, and G. Ginting, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Pelaku Pariwisata Terbaik dimasa Pandemi Covid-19 Menerapkan Metode OCRA dengan Pembobotan ROC,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 2, p. 1056, Apr. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.4000.

L. Sarumaha, E. Buululu, A. M. Hatuaon Sihite, and D. Putro Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Mentor Pada Pusat Pengembangan Anak IO 558 Sangkakala Medan Menggunakan Metode CPI dan ROC,” vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.30865/komik.v4i1.2713.

F. Romualdus Tampubolon, “BEES: Bulletin of Electrical and Electronics Engineering Penerapan Metode CPI dan ROC Dalam Keputusan Pemilihan Perioritas Pembangunan Infrastruktur Desa INFORMASI ARTIKEL,” vol. 2, no. 2, pp. 67–73, 2021.

Farosa Muzayin Al, Kasih Patmi, Irawan Rony Heri “Pemodelan Algoritma ROC Dalam Pembobotan Kriteria Seleksi Penerima Bantuan Sosial Pendidikan Menggunakan Algoritma CPI”.

M. Walid, B. Satria, and M. Makruf, “Seleksi Karyawan Baru Menggunakan Metode Composite Perfomence Index (CPI ) dan Rank Order Centroid (ROC).”

C. Subiyantoro, “Penerapan Metode CPI dan ROC untuk Penentuan Penempatan SDM,” 2023.

Apriani Wira, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pimpinan Dengan Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) di PT. Sagami Indonesia”.

N. Nugroho, “Implementasi Metode Composite Performance Index (CPI) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan SSD Eksternal,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 4, no. 1, pp. 135–144, Dec. 2022, doi: 10.47065/josyc.v4i1.2553.

M. B. K. Nasution, K. Kusmanto, A. Karim, and S. Esabella, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Ketua Program Studi Menerapkan Metode WASPAS dengan Pembobotan ROC,” Building of Informatics, Technology and Science (BITS), vol. 4, no. 1, Jun. 2022, doi: 10.47065/bits.v4i1.1619.

M. A. Abdullah and R. T. Aldisa, “Penerapan Metode MOOSRA Dalam Penentuan Penerimaan Frontliner Menggunakan Pembobotan Metode ROC,” Jurnal Riset Komputer), vol. 10, no. 1, pp. 2407–389, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i1.5647.

R. J. Rumandan, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Implementasi Composite Performance Index (CPI) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mitra Pengiriman Barang,” Media Online, vol. 3, no. 1, pp. 17–25, 2022, [Online]. Available: https://djournals.com/klik

L. Sarumaha, E. Buululu, A. M. Hatuaon Sihite, and D. Putro Utomo, “Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Mentor Pada Pusat Pengembangan Anak IO 558 Sangkakala Medan Menggunakan Metode CPI dan ROC,” vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.30865/komik.v4i1.2713.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i1.3918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nindya Yanuar Sadewa, Estiawan Rif’at, Dimas Putra Fratama, Agusta Praba Ristadi Pinem

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter