Analisis Sentimen Review Pembelian Produk di Marketplace Shopee Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing

Rizky Maulana Arrasyid, Diaz Enggar Putera, Ajif Yunizar Pratama Yusuf

Abstract


Penelitian ini menganalisis ulasan produk yang ada di pasaran, dengan fokus pada produk "Kaos Oversize", untuk mengklasifikasikannya ke dalam ulasan positif dan negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan keefektifan penggunaan algoritma K-Nearest Neighbors (KNN) dan Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) dengan pendekatan Natural Language Processing (NLP) dalam mengklasifikasikan ulasan produk. Penelitian ini menemukan bahwa metode NLP mencapai tingkat akurasi, presisi, dan recall yang lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan NLP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menganalisis kata kunci dalam ulasan dapat mewakili opini keseluruhan pembeli terhadap produk, yang dapat menjadi informasi yang berguna bagi pengecer untuk mengevaluasi produk dan layanan mereka.

Full Text:

PDF

References


I. Setiawan, S. Nirwan, and F. Maisya Amelia, “Rancangan Bangun Aplikasi Marketplace Bagi Usaha Mikro Kecil, Dan Menengah Berbasis Web (SUB MODUL : PEMBELIAN),” 2018.

A. Alwendi, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,” Manajemen Bisnis, vol. 17, no. 3, pp. 317–325, 2020, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Y. S. Mulyani, “E-Commerce Solusi Pemasaran UMKM Dalam Mengembangkan Industri Pariwisata Di Tengah Pademi Covid-19 (Studi Kasus UMKM di Kota Tasikmalaya),” Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, vol. 12, no. 2, pp. 131–141, 2021, doi: 10.31294/khi.v12i2.11293.

E. Y. Nasution, P. Hariani, L. S. Hasibuan, and W. Pradita, “Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia,” Jesya, vol. 3, no. 2, pp. 506–519, 2020, doi: 10.36778/jesya.v3i2.227.

J. Sintadi, “Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Undip Semarang,” Diponegoro Journal of Management, vol. 8, no. 2, pp. 33–43, 2019, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/djom

N. Annisa, M. A. Nasution, and A. Firah, “Pengaruh Atribut Produk Dan Informasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt . Trimitra Swadaya Medan the Effect of Product Attributes and Product Information on Purchase Decisions At Pt . Trimitra,” no. 1, pp. 67–76, 2023.

Z. Alhaq, A. Mustopa, S. Mulyatun, and J. D. Santoso, “Penerapan Metode Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Pengguna Twitter,” Journal of Information System Management (JOISM), vol. 3, no. 2, pp. 44–49, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i2.558.

N. Munasatya and S. Novianto, “Natural Language Processing untuk Sentimen Analisis Presiden Jokowi Menggunakan Multi Layer Perceptron,” Techno.Com, vol. 19, no. 3, pp. 237–244, 2020, doi: 10.33633/tc.v19i3.3630.

R. Yusuf, T. A. Saputri, and A. A. Wicaksono, “Penerapan Natural Language Processing Berbasis Virtual Assistant Pada Bagian Administrasi Akademik Stmik Dharma Wacana,” International Research on Big-Data and Computer Technology: I-Robot, vol. 5, no. 1, pp. 33–47, 2022, doi: 10.53514/ir.v5i1.228.

V. Amrizal, “Penerapan Metode Term Frequency Inverse Document Frequency (Tf-Idf) Dan Cosine Similarity Pada Sistem Temu Kembali Informasi Untuk Mengetahui Syarah Hadits Berbasis Web (Studi Kasus: Hadits Shahih Bukhari-Muslim),” Jurnal Teknik Informatika, vol. 11, no. 2, pp. 149–164, 2018, doi: 10.15408/jti.v11i2.8623.

M. Ahmadar, P. Perwito, and C. Taufik, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Rahayu Photo Copy Dengan Database MySQL,” Dharmakarya, vol. 10, no. 4, p. 284, 2021, doi: 10.24198/dharmakarya.v10i4.35873.

A. Majid, D. Nugraha, and F. D. Adhinata, “Sentiment Analysis on Tiktok Application Reviews Using Natural Language Processing Approach,” Journal of Embedded Systems …, vol. 04, no. May, pp. 32–38, 2023, [Online]. Available: https://journal.unm.ac.id/index.php/JESSI/article/view/471%0Ahttps://journal.unm.ac.id/index.php/JESSI/article/download/471/352

E. Setiana, Marwondo, Venia Retreva Danestiara, and Wiyanudin, “Analisis Sentimen Pelaksanaan Kuliah Online Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” Nuansa Informatika, vol. 17, no. 2, pp. 66–70, 2023, doi: 10.25134/ilkom.v17i2.11.

H. R. Pramudita, “Penerapan Algoritma Stemming Nazief & Adriani Dan Similarity Pada Penerimaan Judul Thesis,” Jurnal Ilmiah Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), vol. 15, no. 4, pp. 15–19, 2014.

R. Rinandyaswara, Y. A. Sari, and M. T. Furqon, “Pembentukan Daftar Stopword Menggunakan Term Based Random Sampling Pada Analisis Sentimen Dengan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus: Kuliah Daring Di Masa Pandemi),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 9, no. 4, p. 717, 2022, doi: 10.25126/jtiik.2022934707.

R. Kosasih and A. Alberto, “Analisis Sentimen Produk Permainan Menggunakan Metode TF-IDF Dan Algoritma K-Nearest Neighbor,” Infotekjar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, vol. 6, no. 1, pp. 134–139, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.3893

E. Utami, A. F. Iskandar, W. Hidayat, A. B. Prasetyo, and A. D. Hartanto, “Covid-19 Hoax Detection Using KNN in Jaccard Space,” IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), vol. 15, no. 3, p. 255, 2021, doi: 10.22146/ijccs.67392.

A. Zamsuri, E. Asril, M. Sadar, and Y. Turnandes, “Analisis sentimen opini vaksinasi Covid-19,” ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 100–110, 2023.

A. Tharwat, “Classification Assessment Methods,” Applied Computing and Informatics, vol. 17, no. 1, pp. 168–192, 2018, doi: 10.1016/j.aci.2018.08.003.

M. K. Anam, B. N. Pikir, and M. B. Firdaus, “Penerapan Na ̈ıve Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor (KNN) dan Decision Tree untuk Menganalisis Sentimen pada Interaksi Netizen dan Pemeritah,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 21, no. 1, pp. 139–150, 2021, doi: 10.30812/matrik.v21i1.1092.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i2.3813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizky Maulana Arrasyid, Diaz Enggar Putera, Ajif Yunizar Pratama Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter