Sentiment Analysis Penyedia layanan Asuransi dari Media Sosial Twitter
Abstract
Abstrak− Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan analisis sentimen untuk mengevaluasi pandangan masyarakat terhadap penyedia layanan asuransi kesehatan, sehingga dapat memahami reputasi penyedia layanan asuransi. Penelitian ini menggunakan algoritme Naïve Bayes untuk mengidentifikasi sentimen pengguna Twitter terkait penyedia layanan asuransi kesehatan dan mengevaluasi akurasi hasilnya. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi sentimen masyarakat tentang perspektif penyedia layanan asuransi kesehatan melalui media sosial twitter. Pertumbuhan pengguna Twitter yang mencapai lebih dari 500 juta twit setiap hari memberikan potensi Big Data untuk mengevaluasi pandangan masyarakat terhadap asuransi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan dukungan bahasa pemograman Python. Populasi penelitian ini mencakup semua twit yang diposting oleh pengguna di Indonesia. Kami menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang sesuai dengan tujuan penelitian, seperti twit yang berhubungan dengan penyedia layanan asuransi kesehatan. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu twit dari pengguna Twitter di Indonesia yang berkaitan dengan penyedia layanan asuransi kesehatan. Pengumpulan data dilakukan melalui web scraping dari aplikasi Tweet Harvest, dilanjutkan dengan proses labeling, dan kemudian data dipraproses melalui tahapan pembersihan, tokenisasi, penyaringan, dan stemming. Terakhir, algoritme Naïve Bayes digunakan untuk analisis sentimen. Dari proses pengambilan data, kami berhasil mengumpulkan 31.190 data, yang kemudian disaring menjadi 1.483 data yang hanya berupa hasil review. Pada tahap pelabelan, 889 twit mendapatkan label positif, sementara 594 twit mendapatkan label negatif. Didapatkan akurasi dari algoritme Naïve Bayes adalah 74.41%. Hasil ringkasan twit menggambarkan pandangan yang beragam terkait BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan swasta. Terdapat pandangan positif terhadap BPJS Kesehatan, termasuk premi yang terjangkau, cakupan penyakit kritis, dan pendaftaran tanpa medical check-up. Namun, ada kritik terhadap prosedur pengobatan yang dianggap rumit, kesulitan dalam menghentikan keanggotaan, dan perdebatan tentang prinsip gotong royong. Di sisi lain, asuransi kesehatan swasta mendapatkan pandangan positif karena prosedur yang lebih sederhana, antrian cepat, dan pilihan produk yang sesuai dengan penghasilan individu. Namun, terdapat juga pandangan negatif, termasuk gangguan telemarketing, kasus gagal bayar oleh penyedia asuransi, dan konsumen yang merasa tertipu ketika asuransi pendidikan beralih menjadi asuransi kesehatan tanpa persetujuan mereka.
Kata Kunci: BPJS Kesehatan; Naïve Bayes; Penyedia layanan Asuransi; Sentiment Analysis; Twitter
Full Text:
PDFReferences
P. J. Ng, J. Rumengan, F. Fadlan, and I. Idham, “Eksistensi Otoritas Jasa Keuangan Dalam Memberikan Perlindungan Hukum Kepada Pemegang Polis Asuransi,” J. Ius Const., vol. 5, no. 2, p. 196, 2020, doi: 10.26623/jic.v5i2.2308.
N. Suyatna, “Effectiveness of OJK ’ s Stimulus Policy Accounting of Qardh Funds on Solvency Level (During Covid-19 Pandemic) in The Sharia Life Insurance Sector in Indonesia,” J. Ekon., vol. 11, no. 01, pp. 689–696, 2022.
Badan Pusat Statistik, “Jumlah Penduduk Yang Dicakup Asuransi Kesehatan Atau Sistem Kesehatan Masyarakat per 1000 Penduduk, 2014 - 2018,” 2019. https://bps.go.id/dynamictable/2018/07/02 12:58:57.544653/1513/jumlah-penduduk-yang-dicakup-asuransi-kesehatan-atau-sistem-kesehatan-masyarakat-per-1000-penduduk.html#:~:text=Jumlah Penduduk Yang Dicakup Asuransi Kesehatan Atau Sistem,ini. Badan Pusat Sta.
H. Jasin, S. Mujiatun, M. Fauzi Rambe, and R. Bahagia Siregar, “Apakah Kepercayaan Memediasi Pengaruh Reputasi Bank dan Religiusitas Terhadap Purchase Intention?,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 22, no. 1, pp. 86–102, 2021, doi: 10.30596/jimb.v22i1.5630.
M. Ahmadi, H. Hairul, and K. Kurniaty, “Analisis Inovasi Fitur Pelayanan Pada Aplikasi Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Driver Ojek Online PT. GOJEK INDONESIA BANJARMASIN.” Universitas Islam Kalimantan, 2019.
C. Destitus, W. Wella, and S. Suryasari, “Support Vector Machine VS Information Gain: Analisis Sentimen Cyberbullying di Twitter Indonesia,” Ultim. InfoSys J. Ilmu Sist. Inf., vol. 11, no. 2, pp. 107–111, 2020.
H. Priyatna and M. L. Fatahillah, Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi. Nuansa Cendekia, 2023.
M. Tanninen, “Contested technology: Social scientific perspectives of behaviour-based insurance,” Big Data Soc., vol. 7, no. 2, p. 2053951720942536, 2020.
M. Qazi, K. Tollas, T. Kanchinadam, J. Bockhorst, and G. Fung, “Designing and deploying insurance recommender systems using machine learning,” Wiley Interdiscip. Rev. Data Min. Knowl. Discov., vol. 10, no. 4, pp. 1–33, 2020, doi: 10.1002/widm.1363.
D. Kurnianingrum, N. Nugraha, D. Disman, B. S. Purnomo, and M. Karmagatri, “The Role of Twitter in Business, Economics, and Finance Research: a Bibliometric Analysis,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 101, no. 15, pp. 6092–6113, 2023.
I. A. Asqolani and E. B. Setiawan, “Hybrid Deep Learning Approach and Word2Vec Feature Expansion for Cyberbullying Detection on Indonesian Twitter.,” Ingénierie des Systèmes d’Information, vol. 28, no. 4, 2023.
M. Ahlgren, “STATISTIK TWITTER, FAKTA & TREN UNTUK 2023,” Websiterating. https://www.websiterating.com/id/research/twitter-statistics/.
S. Liu and S. D. Young, “A survey of social media data analysis for physical activity surveillance,” J. Forensic Leg. Med., vol. 57, pp. 33–36, 2018.
L. Yang, Y. Li, J. Wang, and R. S. Sherratt, “Sentiment Analysis for E-Commerce Product Reviews in Chinese Based on Sentiment Lexicon and Deep Learning,” IEEE Access, vol. 8, pp. 23522–23530, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2969854.
C. Villavicencio, J. J. Macrohon, X. A. Inbaraj, J. H. Jeng, and J. G. Hsieh, “Twitter sentiment analysis towards covid-19 vaccines in the Philippines using naïve bayes,” Inf., vol. 12, no. 5, 2021, doi: 10.3390/info12050204.
W. Wagiran, “Metodologi penelitian pendidikan: Teori dan implementasi,” Yogyakarta Budi Utama, 2013.
L. P. Mahyuni, Strategi Praktis Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Sukses Publikasi Pada Jurnal Bereputasi. Syiah Kuala University Press, 2021.
E. Yuniar, D. S. Utsalinah, and D. Wahyuningsih, “Implementasi Scrapping Data Untuk Sentiment Analysis Pengguna Dompet Digital dengan Menggunakan Algoritma Machine Learning,” J. Janitra Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 35–42, 2022, doi: 10.25008/janitra.v2i1.145.
DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i1.3465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nalar Istiqomah, Fanny Novika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E : teknokompak@teknokrat.ac.id.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter