Analisis Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Perbaikan Hardware Komputer Berbasis Website Menggunakan Metode Backward Chaining

Miechael Miechael, Benny Daniawan

Abstract


Perkembangan sistem informasi (SI) dan teknologi informasi (TI) sangat pesat. Kemajuan SI dan TI berperan penting terhadap kinerja suatu organisasi atau perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien. Kegiatan yang sebelumnya mengharuskan bertatap muka, saat ini dituntut agar dapat dilakukan tanpa harus bertemu secara langsung. Layanan berbasis online saat ini benyak bermunculan, layanan tersebut dapat menjangkau pelanggan secara langsung dan mempermudah setiap aktifitas yang dilakukan. Kecepatan dan kehandalan proses layanan menjadi hal utama yang diperhatikan penuh oleh organisasi atau perusahaan karena berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Oleh karena itu untuk dapat meningkatkan kualitas layanan yang dimiliki CV. ONG COMPUTER khususnya dalam proses konsultasi, tracking progres pengerjaan, dan pemberian informasi mengenai status unit. Maka dibuat sebuah sistem usulan berbasis website yang menggunakan metode Backward Chaining agar sistem bisa mengenali kerusakan berdasarkan keluhan pelanggan, dan dapat membantu teknisi dalam proses pemberian informasi kepada pelanggan, serta tracking progres pengerjaan unit yang diperbaiki. Hasil dari pengujian sistem menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) terhadap 76 responden dengan nilai standar t-table sebesar 1,994 menunjukan hasil bahwa variabel Perceived Usefulness (PU) tidak berpengaruh terhadap Attitude Toward Using (ATU) sebesar 1,443, PU berpengaruh terhadap Behavioral Intention to Use (BITU) sebesar 4,650, Perceived Ease of Use (PEOU) berpengaruh terhadap ATU sebesar 2,829, ATU bepengaruh terhadap BITU sebesar 6,785, sedangkan BITU berpengaruh terhadap Actual System Use (ASU) sebesar 15,326.

Kata Kunci: Sistem Informasi Perbaikan, Sistem Rekomendasi Perbaikan Hardware Komputer, Backward Chaining, Technology Acceptance Model, Behavior Intention to Use

Full Text:

PDF

References


D. M. Elisabeth, “Kajian terhadap peranan teknologi informasi dalam perkembangan audit komputerisasi (studi kajian teoritis),” METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, vol. 3, no. 1, hlm. 40–53, 2019.

A. Royyana, “Strategi transformasi digital pada pt. Kimia farma (persero) tbk,” Journal of Information Systems for Public Health, vol. 5, no. 2, hlm. 15–32, 2018.

A. K. Rahardaya, “Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 3, no. 2, hlm. 308–319, 2021.

A. M. Nasution dan N. Aslami, “Upaya PT Pos Indonesia Dalam Melakukan Inovasi Layanan Di Era Revolusi Industri 4.0,” ManBiz: Journal of Management and Business, vol. 1, no. 2, hlm. 95–102, 2022.

U. H. Salsabila, L. I. Sari, K. H. Lathif, A. P. Lestari, dan A. Ayuning, “Peran teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19,” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, vol. 17, no. 2, hlm. 188–198, 2020.

D. Tresiya, D. Djunaidi, dan H. Subagyo, “Pengaruh kualitas pelayanan dan kenyamanaan terhadap kepuasan konsumen (studi pada perusahaan jasa ojek online go-jek di kota Kediri),” JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, vol. 1, no. 2, hlm. 208–224, 2018.

I. M. S. A. S. Sudirman dan I. G. A. K. G. Suasana, “Pengaruh Kualitas Layanan Online Terhadap Kepuasan, Komitmen, dan Loyalitas Nasabah Internet Banking di Kota Denpasar,” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, vol. 1, no. 4, hlm. 473–488, 2018.

L. Khakim, A. Fathoni, dan M. M. Minarsih, “Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada pizza hut cabang simpang lima,” J Manage, vol. 1, no. 1, 2015.

Y. Marande, “Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso,” Jurnal Ilmiah Administratie, vol. 8, no. 1, hlm. 33–39, 2020.

A. Ismunandar, “Analisis Strategi Kualitas Pelayanan Publik Pada Perusahaan Jasa,” Jurnal Dewantara, vol. 9, no. 01, hlm. 85–102, 2020.

Y. Yuhardi, T. V. Sari, dan D. Afrizal, “Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mayang Suri Hotel,” Jurnal Ekonomika, vol. 6, no. 1, hlm. 123–130, 2022.

A. Herliana, V. A. Setiawan, dan R. T. Prasetio, “Penerapan Inferensi Backward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Tulang,” Jurnal Informatika, vol. 5, no. 1, hlm. 50–60, 2018.

F. S. A. Laksono, E. K. Nurnawati, dan U. Lestari, “PENERAPAN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA MASALAH PADA PERANGKAT KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB,” Jurnal SCRIPT, vol. 9, no. 2, hlm. 104–109, 2021.

F. D. Davis, R. P. Bagozzi, dan P. R. Warshaw, “User acceptance of computer technology: A comparison of two theoretical models,” Manage Sci, vol. 35, no. 8, hlm. 982–1003, 1989.

A. S. Saragih, S. Christina, dan T. Elshawina, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Laptop Berbasis Website Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. Vol. 12 No. 2, Des 2018.

N. A. Maiyendra, “Perancangan Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Backward Chaining,” JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), vol. 6, no. 2, hlm. 6–17, 2018.

Z. Azmi dan V. Yasin, Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods). Jakarta: Mitra Wacana Media, 2017.

I. Akil, “Analisa efektifitas metode forward chaining dan backward chaining pada sistem pakar,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, hlm. 35–42, 2017.

J. Hair Jr, J. F. Hair Jr, G. T. M. Hult, C. M. Ringle, dan M. Sarstedt, A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i1.3441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Miechael Miechael, Benny Daniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter