Sistem Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Desa Tambakserang dengan Framework Laravel

Rosad Andi Pratama, Azhar Basir, Abdul Jamil

Abstract


Abstrak−Teknologi dimanfaatkan di setiap bidang tidak terkecuali di pemerintahan, dalam mewujudkan tata kelola yang baik pemerintahan memanfaatkan teknologi dalam pengolahan data atau hanya media informasi seperti menampilkan program kerja dan kegiatan pemerintahan, sementara pemanfaatan teknologi dalam proses pengelolaan pajak bumi dan bangunan di Kantor Desa Tambakserang masih manual menggunakan buku dan Microsoft Excel, Untuk mengatasi masalah ini, penelitian bertujuan membangun sistem informasi pengelolaan pajak bumi dan bangunan berbasis website dengan memanfaatkan framework laravel yang memiliki sintak ekspresif dan elegan, serta dirancang khusus untuk memudahkan dan mempercepat proses web development, framework ini juga sudah menggunakan model MVC (model view controller) dan memiliki lisensi open source. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode research and development Model 4D (define, design, develop, disseminate), yang meliputi tahap definisi untuk analisis masalah dalam proses pengelolaan pajak bumi dan bangunan, selanjutnya tahap perancangan yaitu merencanakan sistem informasi yang akan dibuat dengan membuat desain sistem, tahap berikutnya pengembangan dengan mengimplementasikan desain sistem dan melakukan validasi ahli kemudian dilakukan uji coba fungsionalitas, terakhir tahap penyebarluasan yaitu memberikan evaluasi dari hasil validasi, dan uji coba fungsionalitas. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi pajak bumi dan bangunan yang bisa menjadi alat bantu dalam pengelolaan pajak bumi dan bangunan di Desa Tambakserang, dengan hasil validasi ahli yang mencapai skor 86%, dan uji coba fungsionalitas dengan 3 responden yang hasilnya mencapai 84% sehingga bisa dikatakan bahwa sistem ini sudah layak digunakan.

Kata Kunci: PBB, Web Development,  Model, View, Controller, Lisensi, Open Source, Research and Development, Framework, Define, Design, Develop, Disseminate, Laravel, Ekspresif, Elegan.


Full Text:

PDF

References


N. Yohana and T. P. Yazid, “Pemanfaatan Website Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Mewujudkan Good Governance,” J. Masy. Telemat. dan Inf., vol. 5, no. 2, pp. 153–168, 2014.

H. Pratiwi, M. Muhaimin, and W. O. Rayyani, “Kontribusi Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb) Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah,” Amnesty J. Ris. Perpajak., vol. 3, no. 1, pp. 24–30, 2021, doi: 10.26618/jrp.v3i1.3402.

F. S. M. Latowa, M. R. A. Kaluku, and A. Lahinta, “Sistem Informasi Monitoring Wajib Pajak Bumi Dan Bangunan Berbasis Web,” Jambura J. Informatics, vol. 2, no. 2, pp. 108–118, 2020, doi: 10.37905/jji.v2i2.7150.

I. G. A. Yuliarta, I. G. N. Wairocana, and I. K. Sudiarta, “Pengaturan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Di Kota Denpasar,” Kertha Wicara, vol. 01, pp. 1–7, 2015.

F. A. Pratama, O. Nurdiawan, R. Pramudita, and Mulyana, “Sistem Informasi Monitoring Pajak Bumi Bangunan menggunakan Metode Rapid Application Development,” J. Bina Instani ICT, vol. 6, no. 2, pp. 23–34, 2019.

N. Syaodih, “Metode Penelitian Pendidikan,” 2018.

P. Setyosari, “Metode penelitian dan pengembangan,” 2010.

E. Mulyatiningsih, “Pengembangan Model Pembelajaran Endang Mulyatiningsih,” 2016.

Ridwan, “Dasar Dasar Statistika.pdf.” Alfabeta, Bandung, 2009.

M. A. Reni Maharani, “Sistem Informasi Nilai Siswa Berrbasis Web Pada Sma Negeri 19 KAB. Tangerang,” vol. 5, no. 2, 2017.

H. N. Putra, S. Kom, and M. Kom, “Implementasi Diagram UML ( Unified Modelling Language ) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya,” vol. 2, no. April 2018, 2019.

G. de N. J. Rodrigo Garcia Motta, Angélica Link, Viviane Aparecida Bussolaro et al., “Sistem Informasi Manajemen Objek Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan Pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Asahan,” Pesqui. Vet. Bras., vol. 26, no. 2, pp. 173–180, 2021.

H. A. P. Yudho Yudhanto, “Mudah Menguasai Framework Laravel,” 2019.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v18i1.3309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rosad Andi Pratama, Azhar Basir, Abdul Jamil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter