SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PENCARIAN LOKASI BENGKEL MOBIL DI WILAYAH KOTA BANDAR LAMPUNG

A. Ferico Octaviansyah Pasaribu, Dedi Darwis, Agus Irawan, Ade Surahman

Abstract


Perkembangan dunia otomotif di wilayah kota Bandar Lampung berkembang dengan pesat, dengan banyaknya lokasi bengkel di wilayah ini terkadang masih membuat bingung para pengguna layanan bengkel dalam menemukan lokasi bengkel terdekat atau bengkel yang akan dicari karena pada umumnya bengkel hanya mencantumkan nama bengkel dan alamatnya saja terutama bagi bengkel resmi. Hal ini akan menyebabkan permasalahan bagi pengguna layanan bengkel yang tidak semuanya mengetahui nama bengkel dan alamat yang tercantum pada buku panduan, terutama bagi pengguna layanan bengkel yang berdomisili di luar kota Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi sistem informasi geografis dengan memanfaatkan Google Maps API untuk pemetaan bengkel mobil di wilayah Kota Bandar Lampung untuk mencari lokasi bengkel terdekat atau bengkel yang akan dicari oleh pengguna layanan bengkel dengan harapan dapat mempermudah dan membantu dalam proses pencarian lokasi dan meningkatnya penggunaan jasa layanan bengkel di kota Bandar Lampung. Berdasarkan hasil dari dua proses pengujian yang dilakukan yaitu black box testing dan user acceptance testing membuktikan bahwa aplikasi ini secara fungsionalitas dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan nilai 84,04 % dengan skor aktual sangat baik untuk pengujian user acceptance testing.

Kata kunci: Bengkel Mobil, Google Maps API, Sistem Informasi Geografis


Full Text:

PDF

References


BPS., Kota Bandar Lampung, 2019 https://bandarlampungkota.bps.go.id/, diakses pada tanggal 02 Mei 2019.

WIBOWO, K., MUKTI., Sistem Informasi Geografis (SIG) Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara Di Provinsi Bengkulu Berbasis Website., 2015. Jurnal Media Infotama Vol. 11, No. 1.

MINARNI, Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Padang Menggunakan Application Programming Interface (API) Google Maps Berbasis Web, 2013. Institut Teknologi Padang, TEKNOIF, Vol. 3 No 1. Hal. 31-37.

DARWIS, D., Aplikasi Kelayakan Lahan Tanam Singkong Berdasarkan Hasil Panen Berbasis Mobile, 2016. Jurnal TEKNOINFO, Vol. 10, No.1, Hal 1-5.

INDRAKARNA, P.A., YUDISUDA., Rancang Bangun Sistem Informasi Pelacakan Dan Pemantauan Paket Kiriman Berbasis Web dengan Bantuan Mobile Android, 2012., Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer Surabaya, JSIKA, Vol.1 No.2.

ESKA, J., Geographic Information System Pemetaan Bengkel Sepeda Motor Di Kota Kisaran Berbasis Web. 2018. Vol 1 No 2. Hal 97-102.

SANJAYA, A., Sistem Informasi Geografis Letak Kolam Renang Umum Di Kota Medan Berbasis Android. 2014. Seminar Nasional Informatika. Hal 8-11.

R. KUMALAWATI, R., PRASAJA, A.S., RIJANTA, S.S., RIJAL, J., SARTOHADI, R. PRADIPTYO. Aplikasi Sistem Informasi Geografi dan Penginderaan Jarak Jauh untuk Estimasi Kerusakan Pemukiman Akibat Banjir Lahar di Kecamatan Ngluwar Magelang, 2013 Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Hal 24-27.

IRWANSYAH, E., ADHINUGRAHA, S., WIJAYA, T.D., Pengembangan Sistem Informasi Geografis (SIG) pada Platform Google untuk Penanggulangan Kebakaran di Jakarta Selatan. 2011 Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Hal. 7-11.

PRESSMAN, R.S., Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. 2015 Yogtakarta : Andi.

NARIMAWATI. U., Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. 2008., Bandung : Agung Media.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v13i2.323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 A. Ferico Octaviansyah Pasaribu, Dedi Darwis, Agus Irawan, Ade Surahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter