Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Tempat Servis Komputer di Kota Bandar Lampung Menggunakan Metode AHP

Agus Irawan, Rohaniah Rohaniah, Heni Sulistiani, Adhie Thyo Priandika

Abstract


Sulitnya memilih tempat servis komputer di Bandar Lampung dikarenakan banyaknya tempat servis yang ada, perbandingan harga dan lamanya proses servis yang ditawarkan pada setiap tempat servis berbeda-beda. Hal ini menyulitkan masyarakat dalam memilih tempat servis yang akan dipilih sebagai alternatif, untuk menyelesaikan masalah tersebuat maka perlu dirancang sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu masyarakat untuk memilih tempat servis komputer.

Pada proses pemilihan tempat servis komputer melibatkan berbagai kriteria yang dinilai (bersifat multi kriteria) dengan merapkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP memiliki keunggulan peralatan utama yaitu sebuah hirarki fungsional, dengan hirarki suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan kedalam kelompok yang kemudian diatur menjadi suatu  hirarki sehingga masalah dapat terstruktur dengan menggunakan kriteria harga, keramahan, fasilitas ruang tunggu, ketepatan waktu pengerjaan, garansi, jarak, kelengkapan jasa, respon / kecepatan tanggap, dan keamanan barang dan dengan 10 alternatif yaitu AsaCom, Basiccom, Laptop Lampung, SuryaCom, Slara Komputer, RR Komputer, Arthabella Komputer, Cahaya Komputer, Indohanif dan Sumber Komputer.

Extreme programming digunakan sebagai metode pengembangan sistem meliputi planning, design, coding dan testing yang akan di uji dengan uji fungsionalitas (Black Box) dan uji kelayakan sistem. Hasil penelitian menunjukan alternatif terbaik adalah Asacom dengan total skor 7.5204.

Full Text:

PDF

References


Pratiwi, H., “Analytical Hierarchy Process,”dalam Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan, 1 ed, Yogyakarta, 2016, Deepublish, hal. 27-81.

Lupiyaodi, R., Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Kusrini, Analytical Hierarchy Process, dalam Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, 1 ed, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Rosa, A. S. & Salahuddin, M., Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2016.

Ferdiana, R., Rekayasa Perangkat Lunak: Lunak Yang Dinamis Dengan Global Ectreme Programming, Yogyakarta: Andi, 2012.

Kustiyahningsih, Yeni & Devie, R. A., Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v13i1.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Agus Irawan, Rohaniah Rohaniah, Heni Sulistiani, Adhie Thyo Priandika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter