Perencanaan Arsitektur Sistem Informasi dengan The Open Group Arshitecture Fremwork (Togaf)

agnes dwi ones

Abstract


Bidang  teknologi  berkembang  pesat  dan  mengalami  kemajuan  yang  signifikan.  Beberapa  negara  berlomba-lomba  berusaha  menemukan  teknologi  canggih  yang  dapat  memudahkan manusia untuk bekerja atau meraih sesuatu yang sebelumnya mustahil untuk  direalisasikan.  Contohnya  dengan  emerging  technology  adalah  salah  satu  bentuk  teknologi  yang sedang dianalisa dan diuji guna mempermudah pekerjaan manusia, salah satu bukti nyata  nya yaitu digital currency atau contoh kecil yaitu cryptocurrency adalah salah satu satuan kurs  digital  yang  bisa  ditukar  dengan  uang  asli  sesuai  mata  uang  negara  masing-masing.  Jadi  manusia bekerja dan belajar dengan cara yang efisien dan tentunya tidak menghilangkan mutu  dan kualitas yang dihasilkan. Jadi bisa disimpulkan antara tuntutan kebutuhan manusia dengan  teknologi akan selalu berjalan beriringan. Arsitektur Enterprise memiliki prinsip dan juga sebagai pedoman untuk memberi bukti  konkrit terhadap dari organisasi. Arsitektur Enterprise berkembang karena adanya ikut campur  proses bisnis, adanya perubahan, sumber daya yang dibutuhkan, dan standar dalam teknologi  informasi. Secara konsep Arsitektur Enterprise ini adalah sebagai informasi yang kompleks  untuk mencapai realisasi sebuah organisasi itu sendiri. Tujuan adanya artikel ini adalah untuk memberi informasi yang bisa bermanfaat bagi  pembaca mengenai. Permodelan arsitektur yang akan digunakan adalah menggunakan TOGAF 

Namun, kondisi yang ada pada saat ini adalah dalam mengakomodasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi yang ada di Paud Dayung Desa Bajarum masih mengalami kendala dimana lingkungan IT belum mendukung akomodasi pelaksanaan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan perancangan arsitektur enterprise yang mengarahkan organisasi untuk memiliki lingkungan IT yang Bersatu (sistem yang terstandarisasi). Maka dari itu, sebuah perancangan arsitektur enterprise diperlukan untuk mendukung strategi bisnis dengan menggunakan TOGAF ADM. Luaran yang dapat dicapai adalah menghasilkan model dan kerangka dasar dalam perancangan enterprise arsitektur untuk mendukung kebutuhan organisasi. Dengan demikian, perancangan arsitektur enterprise akan menjadi solusi untuk mengatasi kendala lingkungan IT yang tidak mendukung di Paud Dayung Desa Bajarum. Anak usia dini adalah anak yang baru dilahirkan sampai usia 6 tahun. Usia ini merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Usia dini merupakan usia dimana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Usia dini disebut sebagai usia emas (golden age). Makanan yang bergizi yang seimbang serta stimulasi yang intensif sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-kanak (PAUD) merupakan hal yang penting untuk memastikan anak-anak mendapatkan dukungan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.


References


REFERENCES

S. Aswati, “Perencanaan Arsitektur Enterprise E-Learning Perguruan Tinggi Menggunakan Togaf Adm,” Semin. Nas. Sist. Inf. Indones., no. November, 2018.

- Wiyana and W. W. Winarno, “Sistem Panjaminan Mutu Pendidikan Dengan TOGAF ADM Untuk Sekolah Menengah Kejuruan,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, 2015, doi: 10.26594/r.v1i1.401.

Deris Santika, “Perancangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Sekolah Dengan Menggunakan TOGAF ADM (Studi Kasus : SMK Informatika Sumedang),” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK2, vol. 10, no. 2, 2016.

B. A. W. Juriyat, “Perancangan Arsitektur Enterprise di Sebuah Kampus atau Sekolah Menggunakan TOGAF ADM,” … Arsitektur Enterprise di Sebuah Kampus …. 2021.

B. Febrian, B. L. Sinaga, and I. Wisnubadhra, “Perancangan Arsitektur Bisnis Perguruan Tinggi Dengan Togaf (Studi Kasus : Politekkes Kemenkes Palangka Raya),” Pros. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Call Pap. Unisbank, 2015.

Y. T. Wiranti, R. Eliviani, V. Daningrum, and L. H. Atrinawati, “Pemodelan Arsitektur Enterprise Menggunakan Metode TOGAF Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Madani Balikpapan,” Semin. Nas. Has. Penelit. dan Pengabdi. 2019, 2019.

M. Purnasari and S. Assegaff, “Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Menggunakan TOGAF ADM Pada SMA Negeri 1 Muara Bungo,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, 2018.

H. Irmayanti, Wartika, and Imelda, “Pemodelan Arsitektur Enterprise Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Parigi Untuk Penerapan Standar Nasional Pendidikan (Snp) Menggunakan Togaf Adm 9.1,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2013.

H. N. Syaddad, “Perancangan Model Arsitektur Sistem Informasi Di Perguruan Tinggi Menggunakan Togaf Architecture Development Methode (ADM) (Studi Kasus: Universitas Suryakancana),” Media J. Inform., vol. 7, no. 2, 2016.

A. K. Nalendra, W. W. Winarno, and A. Sunyoto, “Pemodelan Arsitektur Enterprise dengan TOGAF pada SMK Bhakti Mulia Pare,” Politek. sawunggali, vol. 5, no. 1, 2016.

R. Anggrainingsih, A. Aziz, U. Salamah, and S. Widya Sihwi, “Penyusunan Arsitektur Visi dan Arsitektur Bisnis Sebagai Tahapan Perancangan Arsitektur Enterprise Universitas Sebelas Maret (UNS) Dengan Framework TOGAF,” J. Teknol. Inf. ITSmart, vol. 2, no. 2, 2016, doi: 10.20961/its.v2i2.626.

R. Hariawan, K. R. S. Wiharja, and E. G. Perdana, “PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN TOGAFADM,” e-Proceeding Eng., vol. 1, no. 1, 2014.

A. H. Fikri, W. Purnomo, and W. N. Putra, “Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan TOGAF ADM pada PT Hafintech Prima Mandiri,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 7, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v17i2.2594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 agnes dwi ones

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter