Pembuatan Website Layanan Keuangan dengan Metode Scrum

Muhammad Nazhim Maulana, Cahyo Prianto

Abstract


Keuangan merupakan salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan apalagi dalam dunia industri. Dengan adanya pengaturan keuangan yang baik maka dapat membuat satu perusahaan atau instansi menjadi lebih maju. Perlu diingat untuk layanan keuangan masih sering mengalami masalah. Beberapa masalah yang biasa terjadi adalah kekeliruan angka penggajian pegawai, kemudian adanya gaji pegawai yang belum dibayarkan, lalu pencatatan pengeluaran yang tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi dilapangan, dan masih banyak masalah lainnya. Masalah-masalah seperti ini memiliki akibat yang sangat fatal, oleh sebab itu sebuah website yang dapat membantu untuk melakukan pengaturan terhadap penggajian, pemberian bonus dan juga keuangan akan mengatasi kendala yang bisa terjadi ketika masih melakukan pengaturan keuangan secara manual. Website dipilih karena pengguna tidak akan perlu memasang aplikasi sehingga tidak akan terjadi penggunaan memori terhadap perangkat pengguna. Untuk dapat menggunakan aplikasi, pengguna hanya perlu mengunjungi website tersebut melalui mesin pencari yang diinginkan dan melakukan login saja untuk menggunakannya.  Website ini dibuat  dengan menggunakan salah satu metode pengembangan agile yaitu scrum. Scrum dipilih karena metode ini dapat memberikan hasil yang maksimal. Dengan adanya website layanan keuangan ini nantinya diharapkan pencatatan transaksi keuangan akan menjadi lebih transparan, pemasukan ataupun pengeluaran dapat dilihat dengan jelas dan kelalaian pencatatan akibat adanya human error juga bisa teratasi.


Full Text:

PDF

References


Wikipedia, “Layanan Keuangan Digital,” 20 December 2022. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Layanan_keuangan_digital.

A. Wijaya, “Fungsi Framework dalam Perancangan dan Pembuatan Aplikasi atau Website,” 08 August 2021. [Online]. Available: https://adjar.grid.id/read/542825100/fungsi-framework-dalam-perancangan-dan-pembuatan-aplikasi-atau-website?page=all.

R. Susanto, “Pentingnya perancangan Aplikasi, biar nyaman dan aman,” 01 October 2019. [Online]. Available: https://medium.com/@rekysusanto/pentingnya-perancangan-aplikasi-361c6935c0e0.

A. Sekarningrum, “Flowchart Adalah: Pengertian, Jenis, Simbol, Manfaat, dan 3 Contohnya,” 06 August 2022. [Online]. Available: https://www.ekrut.com/media/flowchart-adalah.

U. Rahardja, Q. Aini dan M. Hardini, “Penerapan Software Akuntansi Online Sebagai Penunjang,” Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, p. 117, 2018.

C. E. Prastio dan N. Ani, “APLIKASI SELF SERVICE MENU MENGGUNAKAN METODE SCRUM BERBASIS ANDROID(CASE STUDY: WARKOBAR CAFÉ CIKARANG),” JURNAL PETIR, vol. XI, p. 203, 2018.

A. Perdana, “Metode Scrum: Definisi, Cara Kerja, Manfaat, dan Peran-Peran di Dalamnya,” 11 February 2022. [Online]. Available: https://glints.com/id/lowongan/metode-scrum/#.Y5NPenZBxPZ.

D. Gothard, “Advantages Of Agile Software Development,” 25 June 2021. [Online]. Available: https://getcloudexplorer.com/advantages-of-agile-software-development/.

Finpay, “Mengenal Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya,” 26 January 2022. [Online]. Available: https://www.finpay.id/blog/posts/mengenal-apa-itu-payment-gateway-dan-cara-kerjanya.

M. Fahad, “PERANCANGAN WEBSITE MANAJEMEN KEUANGAN PADA CV.ALTER GROUP,” p. 1, 2022.

S. T. Dewi, “Layanan Keuangan Digital : Kembangkan Layanan Keuangan Lewat Ponsel,” 2019. [Online]. Available: https://goukm.id/layanan-keuangan-digital/.

M. Aprilliani, “Apa Pengertian Scrum? Kenali Agile Populer Ini Dalam 5 Menit,” 27 January 2022. [Online]. Available: https://tomps.id/pengertian-scrum/.

M. A. Abdullah, “APLIKASI PENGELOLA KEUANGAN BERBASIS WEBSITE PADA,” pp. 1-2, 2022.

S. dan A. Aprilianti, “RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER 3 PADA USAHA PENYEDIA JASA LAYANAN INTERNET NETSIA,” pp. 1-2, 2022.

“UML Use Case Diagram Tutorial,” 2022. [Online]. Available: https://www.lucidchart.com/pages/uml-use-case-diagram.

“Scrum! Sebuah Framework Project Management Pendobrak Tradisi,” 02 July 2018. [Online]. Available: https://inixindojogja.co.id/scrum-sebuah-framework-project-management-pendobrak-tradisi/#:~:text=Scrum%20diperkenalkan%20pertama%20kali%20pada,menggambarkan%20dua%20pendekatan%20yang%20berbeda..

“Pengertian Xendit dan Mengenal Produk-produknya,” 06 July 2022. [Online]. Available: https://kumparan.com/berita-bisnis/pengertian-xendit-dan-mengenal-produk-produknya-1yP5NLDHNxT.

“Mengenal Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya,” 26 January 2022. [Online]. Available: https://www.finpay.id/blog/posts/mengenal-apa-itu-payment-gateway-dan-cara-kerjanya.

“Layanan Keuangan Digital,” 30 June 2022. [Online]. Available: https://paralegal.id/pengertian/layanan-keuangan-digital/.

“BULAN INKLUSI KEUANGAN: WUJUDKAN AKSES KEUANGAN UNTUK SEMUA,” [Online]. Available: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10532.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v17i2.2591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Nazhim Maulana, Cahyo Prianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter