Pengembangan Sistem Informasi Inventory Obat dan CRM Pada Apotek Sentosa Dan Klinik Pratama

Tobias Alexander, Eka Prasetyaningrum

Abstract


Apotek Sentosa adalah salah satu tempat pelayanan kefarmasian yang menerima penerimaan resep, pelayanan resep, dan peracikan obat. Sedangkan Klinik Pratama adalah salah satu fasilitas kesehatan yang menyediakan pelayanan kesehatan perorangan baik itu yang pasien BPJS maupun pasien umum. Apotek Sentosa dan Klinik Pratama berlokasi di Jl.Gatot Subroto No.25 Sampit, Kabupatan Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Selama ini pada Apotek Sentosa dan Klinik Pratama masih menggunakan sistem konvensional dalam pengelolaan stok barang dan pendataan pendaftaran pasien. Sehingga para pelanggan Apotek Sentosa tidak dapat mengetahui update obat serta pasien Klinik Pratama tidak dapat mengetahui update jadwal dokter yang sedang buka praktek. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang saling terintegrasi guna meningkatkan loyalitas pelanggan melalui penerapan sistem inventory dan CRM (Customer Relationsship management). Bentuk implementasi dari sistem inventory yang diterapkan adalah dengan mencatat segala kegiatan transaksi penerimaan barang, persediaan barang agar dapat lebih terkontrol sehingga bisa menghindari stok barang yang telah kadaluarsa. Selain itu dengan adanya sistem inventory para pelanggan juga dapat mengetahui stok barang yang tersedia pada Apotek Sentosa. Kemudian, implementasi CRM pada Apotek Sentosa dan Klinik Pratama juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi ke pelanggan dan pasien. Dengan adanya sisten CRM pasien dapat mengetahui update jadwal dokter yang sedang praktek, pendaftaran data pasien secara online serta tersedia media kritik dan saran untuk pasien kepada pihak Apotek dan Klinik Pratama. Dalam pembuatan sistem pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Dynamic Sistem Development Method (DSDM). Yang dimana dengan metode Dynamic Sistem Development Method (DSDM) aplikasi yang dibangun berdasarkan kebutuhan dan memerlukan komunikasi antara pengguna dan pengembang aplikasi.

Full Text:

PDF

References


W. Alakel, “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN OBAT METODE FIRST IN FIRST OUT

(STUDI KASUS: RUMAH SAKIT BHAYANGKARA POLDA LAMPUNG),” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, p. 36, Feb. 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i1.269.

R. D. Setiyadi and S. Mauluddin, “Sistem Informasi Inventory Gudang Pupuk dan Obat Pertanian Berbasis Web di CV Tani Bagja Sumedang,” p. 7.

R. Oktarina, “Implementasi Teknologi Sistem Customer Relationship Management (CRM) Guna Meningkatkan Pelayanan Penjualan,” vol. 2, p. 13, 2022.

K Sri Utami, dkk, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Sistem Informasi Apotek Dalam Peningkatan Pelayanan,” J. Univ. Nusant. PGR Kediri, vol. 549, pp. 40–42, 2017.

Dewi Ayu Nur Wulandari, Muhammad Dika Atthariq, Wahyu Dwi Nanda, and Lestari Yusuf, “Implementasi Dynamic System Development Method (Dsdm) Pada Sistem Informasi Manajemen Bengkel Mobil Berbasis Web,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 10–17, 2021, doi: 10.30656/jsii.v8i1.2979.

R. Permana, N. Kurniasih, and T. A. Mutiara, “Sistem Informasi Inventory Obat Pada Apotek Tritunggal Farma Jakarta,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 6, no. 1, pp. 9–22, 2020, doi: 10.37012/jtik.v6i1.186.

S. Supriyadi, “Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan,” Lentera Pustaka J. Kaji. Ilmu Perpust. Inf. Dan Kearsipan, vol. 2, no. 2, p. 83, Feb. 2017, doi: 10.14710/lenpust.v2i2.13476.

Dewi Ayu Nur Wulandari, Muhammad Dika Atthariq, Wahyu Dwi Nanda, and Lestari Yusuf, “IMPLEMENTASI DYNAMIC SISTEM DEVELOPMENT METHOD (DSDM) PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BENGKEL MOBIL BERBASIS WEB,” JSiI J. Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 10–17, Mar. 2021, doi: 10.30656/jsii.v8i1.2979.

I. Solikhin, M. Sobri, and R. Saputra, “Sistem Informasi Pendataan Pengunjung Perpustakaan (Studi kasus : SMKN 1 Palembang),” J. Ilm. Betrik, vol. 9, no. 03, pp. 140–151, Nov. 2018, doi: 10.36050/betrik.v9i03.40.

T. Kristanto, D. Setyaji, and P. Satyawa, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PIRANTI MULTIMEDIA BERBASIS WEB (STUDI KASUS : PT SISTEM KREASI INOVASI INDONESIA),” p. 10, 2015.

F. Soufitri, “PERANCANGAN DATA FLOW DIAGRAM UNTUK SISTEM INFORMASI SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SMP PLUS TERPADU),” p. 7.

M. Tabrani and H. Priyandaru, “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEBSITE PADA UNL STUDIO DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER,” no. 1, p. 9, 2021.

W. S. Prasetya, “PERANCANGAN MODEL BASIS DATA RELASIONAL DENGAN METODE DATABASE LIFE CYCLE,” p. 8, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v17i1.2171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tobias Alexander, Eka Prasetyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter