Aplikasi Rescue Informasi Supplier Oksigen Berdasarkan Radius Tertentu Berbasis Android

Sulhan As’adi, Anton Anton

Abstract


Oksigenasi adalah suatu proses untuk menghirup oksigen dan membuang karbon dioksida. Kebutuhan fisiologis oksigenasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang digunakan untuk kelangsungan metabolisme sel tubuh, untuk mempertahankan hidupnya dan untuk aktivitas berbagai organ atau sel. Oksigen memegang peranan penting dalam tubuh. Tanpa adanya oksigen lebih dari 4 menit akan menyebabkan tubuh kemunduran atau bahkan kematian. Corona virus berawal dari beberapa kasus Pneumonia yang tidak diketahui pasti penyebabnya yang sekarang dikenal Covid-19. Salah satu gejala yang ditimbulkan dari penyakit tersebut pada manusia yaitu gangguan pernapasan akut seperti, demam, batuk, sesak napas atau kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Kasus ini menyebar dari China ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Indonesia berada di urutan ke 13 sebagai negara dengan kasus kumulatif total terbanyak. Indonesia dilaporkan memiliki 3.607.863 kasus kumulatif total terkonfirmasi dengan 104.010 kasus yang dilaporkan meninggal sampai tanggal 06 Agustus 2021. Di Provinsi Jawa Barat sendiri data yang diperoleh dari kawalcovid19.id, tercatat 6.995 kasus total terkonfirmasi positif. Di Indonesia sendiri, lonjakan angka penderita Covid-19 melebihi kapasitas sistem layanan kesehatan. Fasilitas layanan kesehatan khususnya yang ada dirumah sakit seperti obat-obatan, tempat tidur medis, tenaga kesehatan, alat bantu pernapasan dan alat pelindung diri tidak cukup untuk merespons kebutuhan pasien. Salah satu warga Kabupaten Bekasi mengaku bahwa sudah empat hari ia kesulitan mendapatkan oksigen medis untuk kebutuhan keluarganya yang sedang menjalani isolasi mandiri dan terpapar virus Covid-19. Selain itu belum tersedianya sebuah wadah berbasis mobile yang mudah diakses yang memuat tentang informasi supplier oksigen. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat memberikan solusi untuk mengatasi meledaknya kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia yang menyebabkan kebutuhan oksigen medis meningkat dan mengalami kelangkaan oksigen medis. Dengan memanfaatkan teknologi Location Based Service (LBS) yang mampu mendeteksi keberadaan pengguna dan lokasi supplier oksigen serta Formula Haversine untuk mengetahui jarak antara 2 titik menuju lokasi terdekat antara pengguna dan supplier oksigen. Berdasarkan analisa yang dilakukan, dapat disimpulkan sistem aplikasi yang akan dihasilkan mampu mampu menjadi wadah informasi sederhana untuk mencari supplier oksigen atau alat bantu pernapasan lainnya di era pandemi saat ini.

Full Text:

PDF

References


M. Kes. Dr. Kusnanto, S.Kp., “Modul Pembelajaran Pemenuhan Kebutuhan Oksigen,” 2016.

N. Azizah, L. A. Garina, and A. Guntara, “Scoping Review : Pengaruh Posisi Prone terhadap Saturasi Oksigen (Spo2) pada Pasien Covid-19,” Prosiding Kedokteran, vol. 6, pp. 583–590, 2020, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.29313/kedokteran.v7i1.26739

J. Moudy, R. A. Syakurah, and I. Artikel, “Higeia Journal Of Public Health,” vol. 4, no. 3, pp. 333–346, 2020.

O. W. in Data, “Cumulative COVID-19 tests, confirmed cases and deaths, World.” https://ourworldindata.org/coronavirus-data?country=~OWID_WRL#tests-cases-and-deaths

Y. Mahendradhata, N. Luh, P. Eka, and E. T. Hasri, “The Capacity of the Indonesian Healthcare System to Respond to,” vol. 9, no. July, pp. 1–9, 2021, doi: 10.3389/fpubh.2021.649819.

“Pasien Membludak, RSUD Bekasi Klaim Stok Oksigen Medis Aman _ Republika Online.”

E. Budiman, “Pemanfaatan Teknologi Location Based Service Dalam Mulawarman Berbasis Mobile,” vol. 8, no. Desember, pp. 137–144, 2016.

D. H. Gintoro, Iwan Wijaya Suharto, Febiyan Rachman, “Analisis Dan Perancangan Sistem Pencarian Taksi Terdekat Dengan Pelanggan Menggunakan Layanan Berbasis Lokasi,” vol. 2010, no. Snati, 2010.

R. Abdulloh, Menguasai React JS Untuk Pemula Panduan belajar JavaScript dari dasar hingga membuat aplikasi web modern, vol. 407. Rohi Abdulloh, 2020.

M. H. K Saputra and L. V. Aprilian, Belajar Cepat Metode SAW. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_cepat_metode_SAW/SXvtDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

A. GONZÁLEZ CARRASCO and L. MÜLLER HEIBERG, Business Entity-Relationship Model For Innovation, Entrepreneurship And Management. Alberto Gonzalez Carrasco & Luis Müller Heiberg, 2017.

H. Hasugian and A. N. Shidiq2, “Rancang Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga,” 2012.

M. Huisman and J. Rubin, Eds., Fundamental Approaches to Software Engineering, vol. 10202. Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg, 2017. doi: 10.1007/978-3-662-54494-5.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v17i1.2046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sulhan As’adi, Anton Anton

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter