SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS PADA KPRI ANDAN JEJAMA KABUPATEN PESAWARAN

Damayanti Damayanti, Muhammad Yusuf Hernandez

Abstract


KPRI Andan Jejama adalah merupakan salah satu koperasi di Lampung yang bergerak di bidang jasa simpan pinjam. Seperti koperasi pada umumnya yang menerapkan sistem informasi penerimaan dan pengeluaran kas. Penerimaan kas pada KPRI Andan Jejama salah satunya berasal dari angsuran piutang anggota, sedangkan pengeluaran kas diantaranya pemberian pinjaman kepada anggota dan biaya oprasional kantor.

Dalam proses penerimaan dan pengeluaran kas dibutuhkan dokumen awal yang digunakan yaitu dokumen yang berisi tentang data anggota dan data karyawan. Bagian bidang keuangan bertugas untuk mencatat data anggota yang ingin melakukan penyetoran pinjaman dan mencatat bukti kas masuk serta membuat jurnal penerimaan kas dan pengeluaran kas perbulan menggunakan microsoft excel. Kemudian diserahkan kepada bagian bidang pembukuan untuk dicatat dalam buku besar. Penyimpanan bukti penerimaan kas dan bukti pengeluaran kas belum menggunakan database management system. Hal tersebut menjadi kendala ketika pencarian data saat dibutuhkan karena dokumen tersebut ditumpuk sehingga penyampaian informasi yang dibutuhkan oleh bagian bidang pembukuan dan pimpinan seringkali mengalami keterlambatan.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka dibangun sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada KPRI Andan Jejama dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterffal. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Pada tahap requirement analysis dan defenisi melakukan analisis kebutuhan sistem. Hasil penelitian ini menghasilkan aplikasi sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada KPRI Andan Jejama. Sehingga membantu memudahkan karyawan dalam pengelolaan data penerimaan kas dan pengeluaran kas, mempercepat dalam penyajian laporan dan mempermudah dalam proses pencarian data kas masuk dan kas keluar pada KPRI Andan Jejama Kabupaten Pesawaran.

Full Text:

PDF

References


DAMAYANTI dan SILISTIANI, HENI, 2017, Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Pada sd Ar-raudah Bandar Lampung, Jurnal TEKNOINFO, Vol. 11, No. 2, 1-5.

DIANA, A dan SETIAWAN, L, 2010, Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi, 2010.

ESTERIA, N. W., dkk, 2016, Analisis Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol. 16 No. 04, 1087-1097

MULYADI, 2016. Sistem Akuntansi. Edisi Keempat. Salemba empat. Jakarta

ROSA, A.S., dan SHALAHUDIN, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Modula, Bandung

SYAIFUDIN, dan ARDANI, F.P. 2017, Sistem Informasi Akuntansi Penelrimaan dan Pengeluran dalam Meningkatkan Pengendalian Internal Atas Pendapatan Pada RSUP Dr. Kariadi Semarang. Jurnal Riset Akuntansi Keuangan, Vol. 2 No. 2.,

SUTABRI, TATA. 2012. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

SOMMERVILLE, 2011, Software Engenering, United State of America, Pearson Education




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v12i2.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Damayanti Damayanti, Muhammad Yusuf Hernandez

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter