ANALISIS MASALAH PADA DATA REVIEW APLIKASI TERHADAP LAYANAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE TEXT CLASSIFICATION

Ahmad Rafid Rizqullah, Ari Wedhasmara, Rahmat Izwan Heroza, Apriansyah Putra, Fathoni Fathoni, Pacu Putra

Abstract


Shopee merupakan salah satu e-commerce model e-commerce Customer-To Customer (C2C) menggunakan aplikasi sebagai tempat untuk melakukan bisnis. Shopee memberikan beberapa pilihan akses kepada customer diantaranya melalui website dan mobile platform demi kemudahan kegiatan berbelanja online. Untuk mencari informasi tentang peluang yang dapat ditingkatkan dari layanan yang ada Shopee dapat memanfaatkan review dari customer untuk mengetahui masalah yang terjadi pada layanan yang diberikan kepada customer. Review dari customer e-commerce berbasis aplikasi tersebut dapat menjadi solusi yang lebih menjelaskan apa yang disukai dan tidak disukai customer sehingga bisa digunakan sebagai alat untuk menilai aspek-aspek pada layanan e-commerce yang dinilai bermasalah. Untuk mencari informasi tentang peluang yang dapat ditingkatkan pada layanan e-commerce dari komplain atau keluhan review customer. dilakukan dengan mengklasifikasi review kedalam beberapa aspek dengan menggunakan Text Classification untuk mengklasifikasikan aspek. Dari hasil tersebut didapat lah rangkuman masalah berdasarkan aspek yang bisa diperbaiki oleh pihak e-commerce untuk tetap meningkatkan layanan.


Full Text:

PDF

References


Amarouche, K., Benbrahim, H., & Kassou, I. (2015). Product Opinion Mining for Competitive Intelligence. Procedia Computer Science, 73(Awict), 358–365.

Arkhamsiagustinah. (2015). Perbandingan Metode Second-Order Fuzzy Time Series Dari HSU dan CHEN Dalam Peramalan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Universitas Islam Indonesia, Program Studi Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: Program Studi Statistika.

Dadgar, S. M. H., Araghi, M. S., & Farahani, M. M. (2016). A novel text mining approach based on TF-IDF and support vector machine for news classification. Proceedings of 2nd IEEE International Conference on Engineering and Technology, ICETECH 2016, March, 112–116.

Ekawati, D., & Khodra, M. L. (2017). Aspect-based sentiment analysis for Indonesian restaurant reviews. Proceedings - 2017 International Conference on Advanced Informatics: Concepts, Theory and Applications, ICAICTA 2017.

Google Play. (2020). Tentang Google Play, Retrieved November 16, 2020, from https://play.google.com/intl/id_id/about

Google Support, (2021), Tentang Panduan Analisis Ulasan Aplikasi Bagi Developer Android, Retrieved Juni 25, 2021, from https://support.google.com/googleplay/android-developer/answer/138230?hl=id

Indrajit, R., E. (2011). Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Elex Media Komputindo.

Iprice, (2020), Peta E-commerce Indonesia 2020, Retrieved November 15, 2020, from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/.

Kotler, P., & Amstrong, G. (1996). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Intermedia.

Kwok, L., Tang, Y., & Yu, B. (2020). The 7 Ps marketing mix of home-sharing services: Mining travelers’ online reviews on Airbnb. International Journal of Hospitality Management, 90(August 2019), 102616.

Lane, H., Howard, C., & Hapke, H. M. (2019). Natural Language Processing in Action(Understanding,analyzing, and generating text with python).

Sari, A. E., Widowati, S., & Lhaksmana, K. M. (2019). Klasifikasi Ulasan Pengguna Aplikasi Mandiri Online di Google Play Store dengan Menggunakan Metode Information Gain dan Naive Bayes Classifier. E-Proceeding of Engineering, 6(2), 9143–9157.

Shopee, (2020), Tentang Shopee, Retrieved November 15, 2020, from https://careers.shopee.co.id/about/

Thompson, C. (2000). Book Review: Principles of Service Marketing and Management. Journal of Vacation Marketing, 6(3), 281–283.

World Retail Congress, (2019), Global Ecommerce Market Ranking 2019, Retrieved November 16, 2020, from https://www.worldretailcongress.com/__media/Global_ecommerce_Market_ Ranking_2019_001.pdf.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Rafid Rizqullah, Ari Wedhasmara, Rahmat Izwan Heroza, Apriansyah Putra, Fathoni, Pacu Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter