Sistem Informasi Penjualan Kredit Barang Berbasis Vb.Net Pada Pd Ria Mulya Karawang

Arif Maulana Yusuf, Indaryono Indaryono, Juwita Novita Sari

Abstract


Aktifitas penjualan kredit barang pada Pd Ria Mulya Karawang merupakan salah satu proses perusahaan yang bergerak dibidang penjualan peralatan rumah tangga. Dalam hal penjualan kredit dan penjualan cash. Untuk meningkatkan dana perusahaan, diberlakukan kepada setiap customer yang melakukan pembelian secara kredit dikenakan bunga yang diharapkan dalam kurun waktu beberapa bulan, dana-dana yang diperoleh dari bunga ini dapat memperbesar pendapatan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penjualan kredit barang yang sedang berjalan pada PD Ria Mulia Karawang seperti apa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Analisa Sistem, Perancangan Sistem, dan Implementasi Sistem. Analisa Sistem dalam bahasa, hal ini meliputi Analisa Sistem yang Berjalan dan Analisa Masalah serta Solusi. Perancangan Sistem meliputi Perancangan Masukan, Keluaran, Proses dan Database. Metode implementasi sistem meliputi penyusunan program dan tes program. Dalam penyelenggaraan penjualan kredit barang ini secara administratif belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik. Seperti aktivitas pencatatan data penjualan kreditnya ini masih ditemukan adanya kendala seperti pembuatan laporan penjualannya dilakukan dengan merekap data pada buku penjualan. Berdasarkan permasalan tersebut diatas, penulis berpendapat bahwa untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut, perlu dirancang dan diimplementasikan suatu sistem yang terintegrasi antar fungsi-fungsi yang terkait dalam perusahaan, dengan menggunakan microsoft visual basic.net 2008 dan SQL Server 2008 sebagai databasenya. Dengan menerapan sistem ini diharapkan akan dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam operasionalnya dimasa yang akan datang.


Full Text:

PDF

References


“PENGARUH VOLATILITAS PENJUALAN, VOLATILITAS ARUS KAS OPERASI, DAN HUTANG TERHADAP PERSISTENSI LABA,” J. ASET (Akuntansi Riset), 2020.

D. Mulyanti, “Manajemen Keuangan Perusahaan,” J. Ilm. Akunt., 2017.

W. J. Lestari, M. Asfi, and A. Setiawati, “Sistem Pengendalian Internal Atas Piutang Menggunakan Metode Analisis Umur Piutang (Aging Schedule) Pada CV. AGS’NIE,” J. Digit, 2020.

R. A. Nurafika, “Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Semen,” J. Akunt. DAN BISNIS J. Progr. Stud. Akunt., 2018.

“Pengaruh Tingkat Perputaran Aktiva Lancar, Perputaran Modal Kerja, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Koperasi Terhadap Profitabilitas,” E-Jurnal Akunt., 2018.

M. & A. Sari, “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA,” Nat. Cience J. Penelit. Bid. IPA dan Pendidik. IPA, 2020.

K. Koentjaraningrat, “Metode-metode Wawancara,” Antropol. Indones., 2019.

O. R. Arsyad, Kurnia, and P. Kartika, “Pengertian Observasi,” Ranc. Bangun Alat Pengaman Brankas Menggunakan Sens. Sidik Jari Berbas. Arduino, 2021.

P. Yaniawati, “Penelitian Studi Kepustakaan,” Penelit. Kepustakaan (Liberary Res., 2020.

M. Bulman, “SDLC - Waterfall Model,” Indep., 2017.

A. . Rosa and M. Shalahuddin, “Model Sdlc,” Informatika Bandung. 2018.

T. S. Jaya, “Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” J. Inform. J. Pengemb. IT, 2018.

R. Parlika, T. A. Nisaa, S. M. Ningrum, and B. A. Haque, “Studi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box,” Teknomatika, 2020.

A. M. Yusuf and N. Dini, “TETAP MENGGUNAKAN METODE GARIS LURUS BERBASIS VB . NET PADA CV GINANJAR SEJAHTERA MANDIRI KARAWANG,” vol. 16, pp. 38–45, 2021.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arif Maulana Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter