Sistem Informasi Monitoring dan Reporting Quality Control Proses Laminating Berbasis Web Framework Laravel

Arief Herdiansah, Rohmat Indra Borman, Sonia Maylinda

Abstract


PT Victory Chingluh Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri manufacture yang memproduksi sepatu olahraga merk global, karena itu hasil proses produksi yang berjalan di setiap proses produksi harus merupakan hasil yang sesuai dengan standard kualitas yang sudah ditetapkan Perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang dilakukan di bagian Quality Control (QC) PT Victory Chingluh Indonesia khususnya monitoring dan reporting proses laminating. Saat ini proses cek kualitas hasil produksi dan proses pembuatan laporan  QC belum dilakukan menggunakan sebuah sistem informasi berbasis komputer, sehingga peneliti merasa perlu untuk membantu mengembangkan sistem informasi monitoring dan reporting quality control. Dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan metode survey dan wawancana kepada staf terkait dibagian QC proses laminating. Peneliti menggunakan UML (Unified Modeling Language) dalam proses perancangan sistem informasi dan peneliti menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework laravel dalam tahap pengembangan sistem. berbasis database dan web. Pada tahapan akhir pengembangan, sistem yang dihasilkan diuji dengan menggunakan metode pengujian black box. Sistem yang dihasilkan telah dapat membantu staf QC me-monitoring hasil pekerjaan QC dan membuat laporan QC hasil proses produksi dengan cepat dan tepat, sistem yang dihasilkan juga menghasilkan sebuah laporan dalam bentuk dashboard (grafik) yang dapat mempermudah manajemen untuk melakukan analisa laporan hasil produksi QC di PT Victory Chingluh Indonesia

Full Text:

PDF

References


P. Kotler and G. Amstrong, Principles of Marketing, Ed. 14th. New Jersey: Pearson: Prentice Hall - New Jersey, 2012.

A. Herdiansah, R. Rosdiana, and F. Wulandani, “Pengembangan Dashboard Kontrol Pengendalian Mutu Pada Bagian Printing Dan Emboss Pt. Megah Mas Prima,” J. Ilm. Matrik, vol. 21, no. 3, pp. 266–278, 2019, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v21i3.731.

X. Shui, A. Shangguan, Y. Yu, and G. Hailin, “Advanced Quality Control at Raw Material Kickoff Stage,” in IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management (IEEM), 2015, pp. 943–946.

M. Rusdiana., Irfan, Sistem Informasi Manajemen, Edisi 1. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

A. Herdiansah, “Sistem Pendukung Keputusan Referensi Pemilihan Tujuan Jurusan Teknik di Perguruan Tinggi Bagi Siswa Kelas XII IPA Menggunakan Metode AHP,” J. MATRIK, vol. 19, no. 2, pp. 223–234, 2020, doi: https://doi.org/10.30812/matrik.v19i2.579.

Sudaryono, Metodologi Riset di Bidang IT: Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus, Ed.1. Yogyakarta: Andi Offset, 2015.

N. Fitriawati, A. Herdiansah, and A. Gunawan, “Sistem Informasi Program Keluarga Harapan Studi Kasus Kecamatan Kosambi Tangerang,” J. Tek. Inform. Univ. Muhammadiyah Tangerang, vol. 3, no. 2, pp. 21–26, 2019.

Soleh, M. A. Dewi, Arfiah, and Asdin, “Metode Peninjauan Dashboard Dari Business Intelligence Untuk Membuat Keputusan Lebih Baik,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 13–18, 2013.

R. Gitzel, S. Turring, and S. Maczey, “A Data Quality Dashboard for Reliability Data,” in IEEE 17th Conference on Business Informatics, 2015, pp. 90–91.

L. Rahmayani and Haryanto, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Laporan Quality Control Dan Defective Produksi Sepatu Berbasis Web (Studi Pada Pt. Panarub Industry,” J. JUTIS Univ. Islam Syekh-Yusuf Tangerang, vol. 6, no. 2, pp. 76–81, 2018.

B. Yuliandra and R. Wulan, “Perancangan Sistem Informasi Pengendalian Kualitas pada Laboratorium Proses IV PT X,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 17, no. 2, pp. 113–125, 2018.

Fatmariani and A. Saputro, “Pemodelan Sistem Informasi Quality Control System (QCS) Sektor Industri Pariwista Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” Sink. J. Penelit. Tek. Inform. - Politek. Ganesha Medan, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2018.

R. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th editio. New York: The McGraw-Hill Company, 2015




DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arief Herdiansah, Rohmat Indra Borman, Sonia Maylinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Tekno Kompak
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi D3 Sistem Informasi AkuntansiUniversitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak
E  : teknokompak@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jumlah Pengunjung : View Tekno Kompak StatsCounter

Flag Counter