DAMPAK INFLUENCER KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, DAN PREFERENSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL

Shiwi Angelica Cindiyasari, Meiza Anjelita, Marsi Fella Riski

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat investasi di pasar modal. Fokus penelitian ini pada mahasiswa di Bandar Lampung yang berusia 21-40 dimana kelompok demografis ini merupakan generasi yang melek akan teknologi dan sedang berkembang dalam aktivitas investasi.  Sampel penelitian ini adalah 120 mahasiswa. Alat statistik yang digunakan  adalah uji validitas, uji reliabilitas serta analisis linier berganda untuk menguji pengaruh antara variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini mampu membuktikan bahwa variabel minat investasi dipengaruhi oleh literasi keuangan dan preferensi risiko pada mahasiswa di Bandar Lampung. Sedangkan, variabel minat investasi tidak dipengaruhi oleh variabel influencer keuangan.


Full Text:

PDF

References


Adhima, R. F., Lukita, C. & Nadeak, T., (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi dan Literasi Keuangan terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(6)

Chaniago, P., & Wahyono. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal. 1.

Chen, Y., Fay, S., & Wang, Q. (2011). The Role of Marketing in Social Media: How Online Consumer Reviews Evolve. Journal of Interactive Marketing.

CNBC. (2021). Dear Investor,Ini Saran BEI Soal Rekomendasi Saham Influencer diakses 01 Januari 2024 dari Cnbcindonesia.Com.

Driantama, I., Krtika, & Wardhaningrum, O. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investor Pemula untuk Berinvestasi di Pasar Modal pada Masa Pandemi Covid-19. Wahana Riset Akuntansi, 10(2), 98–113.

Fajrianti, R., Effendy, L., & Hudaya, R. (2023). The Influence of Educational Investment Gallery ( GIE ) Establishment , Financial Efficacy , Financial Literacy , Financial Influencers , and Parents ’ Income on Students ’ Investment Interests in the Capital Market . 1(March).

Firmansyah, F. F., S. & Prapanca, D., (2024). Pengaruh Social Media Influencer, Pengetahuan Investasi, Return Investasi, dan Uang Saku terhadap Minat Investasi Pada Generasi Z di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah MEA(Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 8(1).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Penelitian bagi Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP.

Gunanti, I. I. P., & Mahyuni, L. P. (2022). Minat Investasi Generasi Milenial di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 425. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.10344

Hair, J. F., Hult, G. T. M., & Ringle, C. M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM).

Heykal, M. (2023). Fenomena Penipuan Investasi dan Pentingnya Literasi Keuangan. Binus University School of Accounting. diakses 05 Januari 2024 darihttps://accounting.binus.ac.id/2023/05/06/fenomena-penipuan-investasi-dan- pentingnya-literasi-keuangan/

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). (2022). Statistik Pasar Modal Indonesia Juni 2022. Kustodian Sentral Efek Indonesia, April, 1–6. diakses 01 Januari 2023 dari https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_Januari_2021.pdf

Lestiana, & Nurfauziya, A. (2023). Pengaruh pengetahuan investasi , kebijakan modal minimum , literasi keuangan dan social media influencer terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal. 5, 136–149.https://doi.org/10.20885/ncaf.vol5.art16

Pantouw, D. T. V., & Kurnia, K. (2022). Pengaruh Influencer Media Sosial terhadap Brand Image Erigo. Inter Script : Journal of Creative Communication, 4(2), 68. https://doi.org/10.33376/is.v4i2.1648

Qowiyamatin, H., & Yuniningsih, Y. (2021). Literasi Keuangan, Motivasi, Preferensi Risiko Terhadap Minat Investasi Saham Mahasiswa Feb Upn “Veteran” Jawa Timur. Jurnal Ilmu Manajemen, 10, 243–247.

Rahman, M. (2023). 30 Influencer Keuangan Berpengaruh di Indonesia 2023 diakses 01 Januari 2024 dari Financer.Com.https://financer.com/id/blog/influencer-keuangan/.

Ratih, S. D., Pramesti, E. D., Noviaty, E., & Sutrisno, S. (2023). Pengaruh Knowledge dan Influencer terhadap Literasi Investasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 1–17.https://doi.org/10.37012/ileka.v4i1.1414

Salisa, N. R. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182. https://doi.org/10.30659/jai.9.2.182-194

SikapiUangmu. (2023). Hai Calon Investor, Yuk Mengenal Jenis Pasar modal diakses 05 Januari 2024 dari Sikapuangmu.Ojk.Go.Id.https://sikapiuangmu.ojk.go.id/Fro ntEnd/CMS/Article/10526

Sri. (2023). Nilai Transaksi Pasar Modal di Lampung Capai Rp. 23 Trillion Per November 2022 diakses 05 Januari 2024 dari https://kupastuntas.co/2023/01/03/nilai- transaksi-pasar-modal-di-lampung-capai-rp23-triliun-per-november-2022

Subagyo, T. (2022). OJK sebut indeks literasi keuangan di Lampung naik jadi41,30persen diakses 05 Januari 2024 dari https://lampung.antaranews.com/berita/665 105/ojk-sebut-indeks-literasi-keuangan-di-lampung-naik-jadi-4130-persen.

Sulistyowati, A. et al., (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2020 dan 2021. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 5(3)

Supriyanto, R. G. E., Andayani, E., & Al Arsy, A. F. (2019). Pengaruh Preferensi Risiko, Literasi Ekonomi, Pengetahuan Galeri Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(1),1–7. https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i1.3773

Tandio, T., & Widanaputra, A. A. G. P. (2016).Pengaruh Pelatihan Pasar Modal,Return,Persepsi Risiko, Gender, Dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universita. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 16, 2316–2341.

Tazkia, A., & Wijayanti, R. (2022). Pengaruh Influencer Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Jurnal Manajemen Risiko Dan Keuangan, 1(2), 112–127.

Tryaswati, S. P. & Astuti, C. D., (2024). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko Investasi, dan Return Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial dengan Di moderasi Teknologi Media Sosial. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis , 5(1).

Upadana, I. W. Y. A., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan dan Perilaku Keuangan terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa. 10(2), 126– 135.

Wardhani, A. K., & Lutfi. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan, experienced regret, risk tolerance, dan motivasi pada keputusan investasi keluarga dalam perspektif masyarakat Bali. Journal of Business and Banking, 6(2), 195–214.

Welly, Kardinal, & Juwita, R. (2015). Analisis pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan investasi di stie multi data palembang. 1–16.

Yunia, P. S., Khanifiana, R., & Faizah, C. N. (2020). Motivasi, pengetahuan, preferensi risiko investasi, dan minat investasi saham di pasar modal syariah pada mahasiswa feb iiain pekalongan.1,54–62




DOI: https://doi.org/10.33365/tb.v7i2.5151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Shiwi Angelica Cindiyasari, Meiza Anjelita, Marsi Fella Riski

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TECHNOBIZ: International Journal of Business
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz
E : technobiz@teknokrat.ac.id
P : 085273730707 (Only Whatsapp)
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Flag Counter

View My Stats