PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN EFIKASI KEUANGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY PADA GEN-Z DI BANDAR LAMPUNG

Saifullah Al Hadi, Eka Ttravilta Oktaria, Pipit Novalia Sari, Yulistina Yulistina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel literasi keuangan dan efikasi keuangan terhadap keputusan investasi cryptocurrency baik secara terpisah (parsial) atau secara bersama-sama (simultan) dan untuk mengetahui variabel literasi keuangan dan efikasi keuangan mana yang lebih berperan dalam mempengaruhi keputusan investasi cryptocurrency. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi dan penyebaran kuisioner secara langsung dengan cara mendatangi obyek penelitian dan menyebarkan link kuisioner yaitu pada konsumen yang telah melakukan keputusan investasi cryptocurrency Terkumpul kemudian ditabulasi dan diolah dengan menggunakan analisi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel literasi keuangan dan efikasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan investasi

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan, Keputusan Investasi


Full Text:

PDF

References


Anwar, Mokhamad. Dasar-dasar manajemen keuangan perusahaan. Prenada Media, 2019.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta

Ekatama, M. F. (2021). Pengaruh literasi keuangan dan bias keuangan terhadap keputusan investasi pada investor di Yogyakarta.

Widiawati, M. (2020). Pengaruh literasi keuangan, locus of control, financial self-efficacy, dan love of money terhadap manajemen keuangan pribadi. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 97-108.

Hasan, Samsurijal, et al. Manajemen keuangan. Penerbit Widina, 2022.

Salisa, N. R. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal: Pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Jurnal Akuntansi Indonesia, 9(2), 182.

Siagian, M., & Siregar, P. (2020). Analisis Tingkat Literasi Keuangan, Experienced Regret, dan Risk Tolerance pada Keputusan Investasi di Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 138–146.

Azmi, R. K. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kementrian Esdm Pusat Penelitian Dan Pengemangan Teknologi Mineral Dan Batubara (Puslitbang tekMIRA) Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Handoyo, S. D., Rispantyo, R., & Widarno, B. (2019). Pengaruh Overconfidence, Illusion Of Control, Anchoring, Loss Aversion Pada Pengambilan Keputusan Investasi Oleh Mahasiswa Unisri Sebagai Investor Pemula. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 15.

Landang, R. D., Widnyana, I. W., & Sukadana, I. W. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar. EMAS, 2(2).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet, 20 Hikmah,

Alvionita, Carissa Olyvia, Riski Hanafi, and Krisna Rizqi. "DINAMIKA KOMUNIKASI PADA PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN GENERASI MILLENIAL." Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi 2.3 (2023): 133-143.

Bhaskara, Widhyasto Pratomo. Pengaruh Literasi Keuangan, Efikasi Keuangan dan Faktor Demografi pada Keputusan Investasi Pasar Keuangan Keluarga di Surabaya. Diss. Stie Perbanas Surabaya, 2017.

Puspitasari, R., & Astrini, D. (2021). Dampak Literasi Dan Inkuisi Keuangan Terhadap Kinerja Pelaku UMKM Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 181-190.

Fitriani, F., Sukesti, F., & Kristiana, I. (2019). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha mikro, kecil dan menengah (studi empiris pada umkm di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 2).

Agustina, L., & Kurniawan, F. (2018). Sistem Reputasi Penjual dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian di Platform C2C E-commerce. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7(1), 3.

ISNAINI, M. (2023). DAMPAK KEGAGALAN INVESTASI KARENA PENIPUAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banjarmasin).

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN IPA), 2(1).




DOI: https://doi.org/10.33365/tb.v7i2.4781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Saifullah Al Hadi, Eka Ttravilta Oktaria, Pipit Novalia Sari, Yulistina Yulistina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TECHNOBIZ: International Journal of Business
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz
E : technobiz@teknokrat.ac.id
P : 085273730707 (Only Whatsapp)
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Flag Counter

View My Stats