ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA UNTUK MENGGUNAKAN MODEL PEMBAYARAN AUTODEBET DALAM TRANSAKSI PEMBAYARAN SPP

Angga Permadi Karpriana

Abstract


Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Untan dalam penggunaan autodebet untuk pembayaran biaya kuliah. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 119 mahasiswa FEB Untan yang tidak mendapatkan beasiswa Bidikmisi pada 2017/2018. Data primer dan kuesioner digunakan dalam penelitian ini. Data di analisis dengan Structural Equation Modelling (SEM). Hipotesis di uji dengan program SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap niat menggunakan autodebet. Namun, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi risiko tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat menggunakan autodebet.

Full Text:

PDF

References


Agustina, Chyntia. 2014. Pengaruh Minat Individu terhadap Penggunaan Internet Banking: Model Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Tesis. Universitas Gunadarma, Depok.

Cheng, T. C. Edwin, Lam, David Y. C., & Yeung, Andy C.L. 2006. Adoption of internet banking: An empirical study in Hong Kong. Decision Support Systems, 42 (2006), 1558-1572. Doi: 10. 1016/j.dss. 2006.01.002.

Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance If Information Technology. MIS Quarterly. Vol. 13 Iss. 3, pp. 319-340.

Fadhli, Muhammad dan Fachruddin, Rudy. 2016. Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Penggunaan Internet Banking (Studi Empiris pada Nasabah Bank Umum di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, Universitas Syiah Kuala. Vol. 1, No. 2, Hlm 264-276.

Igbaria, M., Zinatelli, N., Cragg, P., dan Cavaye, A. L. M. 1997. Personal Computing Acceptance Factors in Small Firms: A Structural Equation Model. Management Information System Quartely. 21: 279-305.

Jogiyanto, H. M. 2007. Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta: ANDI.

Lee, M. 2009. Factors Influencing the Adoption of Internet Banking: An Integration of TAM and TPB with Perceived Risk and Perceived Benefit. Electronic Commerce Research and Application 8, pp. 130-141.

Ling, K. C., Bin Daud, D., Piew, T.H., Keoy, K.H & Hassan, P. 2011. Perceived Risk, Perceived technology, Online Trust for The Online.

Ling, K. C., Bin Daud, D., Piew, T.H., Keoy, K.H & Hassan, P. 2011. Perceived Risk, Perceived technology, Online Trust for The Online.

Nasri, Wadie, & Charfeddine, Lanouar. 2012. Factors Affecting The Adoption Of Internet Banking In Tunisia: An Integration Theory Of Acceptance Model And Theory Of Planned Behavior. The Journal of High Technology Management research, 23 (2012), 1-14.

Pavlou, Paul, A. 2001. Predicting E-Services Adoption: A Perceived Risk Facets Perspective. Southern California.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada Perguruan Tinggi Negeri di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Diperoleh dari http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/Permenristekdikti22-2015BKT-UKT-PTN.pdf

Saraswati, Pradhita dan Zaki Baridwan. 2012. Penerimaan Sistem E-commerce Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Risiko. Malang.

Shih, Hung-Pin. 2004. Extended Technology Acceptance Model of Internet Utilixation Behavior. Information & Management, 4I (6), 719-7129.

Sjoberg, L., Moen, B.E., Rundmo, T. (2004). Explaining Risk Perception on Evaluation of the Psychometric Paradigm in Risk Perception Research. Norway: Rotunde.

Suh, Bomil, & Han, Ingoo. 2002. Effect of trust on customer acceptance of Internet banking. Electronic Commerce Research and Applications, I (3-4), 247-263.

Wilkinson, Joseph. W. 1993. Accounting and Information System. Jilid 1. Edisi ketiga. Jakarta: Binapura Aksara.

Yaghoubi, N & Bahmani, E. 2011. Behavioral Approach to Policy Making of the Internet Banking Industry: The Evaluation of Factors Influenced on the Customers Adoption of Internet Banking Services. African Journal of Business Management, 5(16), 6785-6792.

Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., and Foxall, G. R. 2003. A Proposed Model of E-Trust for Electronic Banking. Technovation (23), pp 847-860.

Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33365/tb.v2i2.335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Angga Permadi Karpriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TECHNOBIZ: International Journal of Business
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz
E : technobiz@teknokrat.ac.id
P : 085273730707 (Only Whatsapp)
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Flag Counter

View My Stats