ANALISIS MODEL ALTMAN, TAFFLER, DAN ZMIJEWSKI DALAM MEMPREDIKSI PERUSAHAAN YANG DELISTING SECARA PAKSA KARENA KEGAGALAN KEUANGAN DARI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2014

Meilinda Dwi Anugrah, Meilinda Dwi Anugrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan apakah model analisis kebangkrutan Altman (1983), Taffler (1983), dan Zmijewski (1984) mampu memprediksi perusahaan yang delisting secara paksa karena kegagalan keuangan dari Bursa Efek Indonesia serta menganalisis tingkat akurasi ketiga model tersebut. Prediksi kebangkrutan dibutuhkan sebagai model untuk mencegah terjadinya kebangkrutan perusahaan yang dapat diantisipasi sejak dini.

Sampel penelitian adalah seluruh perusahaan yang dihapuskan pencatatannya secara paksa (delisting) karena kegagalan keuangan. Jumlah sampel yang mengalami delisting secara paksa karena kegagalan keuangan adalah 6 perusahaan. Sampel ini kemudian dibandingkan dengan 6 perusahaan yang masih tercatatat (listing) di bursa dalam industri yang sama dan memiliki nilai yang mendekati sama. Kemudian dibandingkan juga dengan 116 perusahaan listing yang berada dalam industri yang sama. Data yang digunakan adalah laporan keuangan selama tiga tahun sebelum perusahaan mengalami delisting. Penelitian ini dilakukan pada periode 2010 hingga 2014.

Berdasarkan hasil uji chi-square masing-masing model prediksi, model Altman (1983) dan Taffler (1983) menunjukkan hasil yang signifikan untuk memprediksi perusahaan yang delisting secara paksa karena kegagalan keuangan selama tiga tahun berturut-turut. Sementara model Zmijewski (1984) memiliki kemampuan yang rendah dalam memprediksi perusahaan yang mengalami delisting secara paksa karena kegagalan keuangan di bursa selama tiga tahun sebelum perusahaan mengalami delisting.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/tb.v2i1.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Meilinda Dwi Anugrah, Meilinda Dwi Anugrah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TECHNOBIZ: International Journal of Business
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz
E : technobiz@teknokrat.ac.id
P : 085273730707 (Only Whatsapp)
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Flag Counter

View My Stats