Pengaruh Price Discount dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee Indonesia

Ahmad Azwari

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Price Discount, dan Kualitas Produk pada Impulse Buying di Situs Belanja Online Shopee Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan perbelanjaan di situs belanja online shopee Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 100 orang responden. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program SPSS Statistic versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Analisis ini digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Price Discount berpengaruh positif dan signifikan pada Impulse Buying di situs belanja online shopee Indonesia, dengan dibuktikan dari hasil penyebaran kuesioner yang menyatakan bahwa konsumen akan melakukan pembelian produk diskon secara impulsif ketika mereka melihatnya, dan Kualitas Produk juga berpengaruh positif dan signifikan pada Impulse Buying dengan dibuktikan dari hasil penyebaran kuesioner yang menyatakan bahwa konsumen telah merasakan kualitas produk yang dijual dalam shopee Indonesia sehingga konsumen akan melakukan pembelian dengan impulsif pada produk yang memiliki kualitas yang bagus.

Kata kunci: Price Discount, Kualitas Produk, dan Impulse Buying.


Full Text:

PDF

References


Andriyanto, D. S., Suyadi, I., & Dahlan Fanani. (2016). PENGARUH FASHION INVOLVEMENT DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING ( Survey pada Warga Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ). 31(1), 42–49.

Angela, V., Paramita, E. L., Kristen, U., Wacana, S., Produk, K., & Buying, I. (2020). PENGARUH LIFESTYLE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING KONSUMEN SHOPEE GENERASI Z. Jurnal Ekobis, 10(2), 248–262.

BPS. (2019). Statistik E-Commerce 2019. Diakses tanggal 15 Oktober 2020. Retrieved from https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTkvMTIvMTgvZmQxZTk2YjA1MzQyZTQ3OWE4MzkxN2M2L3N0YXRpc3Rpay1lLWNvbW1lcmNlLTIwMTkuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjA

Chen, H. A., Marmorstein, H., Tsiros, M., & Rao, A. R. (2012). When More Is Less : The Impact of Base Value Neglect on Consumer Price Discounts. Journal of Marketing, 76(July), 64–77.

Gumilang, W. A., & Nurcahya, I. K. (2016). PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP EMOTIONAL SHOPPING DAN IMPULSE BUYING. Unud, E-Jurnal Manajemen, 15(3), 1859–1888.

iPrice.co.id. 2020. Daftar 50 Website & Aplikasi E-Commerce di Indonesia 2019. Diperbarui pada 21 Juli 2020. Diakses tanggal 25 November 2020. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Markey.id. 2020. Website E Commerce Adalah? Pengertian dan Kegunaannya. Diakses pada tanggal 8 Desember 2020. Tersedia di https://markey.id/blog/bisnis/business-chance/website-e-commerce-adalah

Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Solutech.id. 2019. 5 Marketplace Terbaik di Indonesia pada 2019. Diakses tanggal 15 Oktober 2020. Tersedia di https://solutech.id/2019/07/185-marketplace-terbaik-di-indonesia-pada-2019/.

Wiguna, A. A. N. I., & Nurcaya, I. N. (2014). PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, KUALITAS PRODUK DAN KEWAJARAN HARGA TERHADAP IMPULSE BUYING. Manajemen Universitas Udayana, 7 (1), 3695–3706.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Azwari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TECHNOBIZ: International Journal of Business
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz
E : technobiz@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Flag Counter

View My Stats