MODEL LATIHAN DRIBLING SEPAKBOLA UNTUK PEMULA USIA SMA

Imam Mahfud, Rizki Yuliandra, Aditya Gumantan

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola yang terdiri dari 72 siswa. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah : (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal), (3) ujicoba kelompok kecil, dan (4) ujicoba kelompok besar ( field testing). Uji efektivitas model menggunakan tes keterampilan dribbling untuk mengetahui tingkat kemampuan dribbling anak sebelum dan sesudah pemberian perlakuan model latihan dribbling yang dikembangkan. Tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat kemampuan dribbling siswa adalah 12.2717 detik. Setelah diberikan perlakuan model latihan dribbling didapatkan tingkat kemampuan dribbling siswa 11.0269 detik. Maka model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA efektif untuk meningkatkan kemampuan dribbling sepakbola. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa : (1) Dengan model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA, dapat dikembangkan dan diterapkan dalam latihan dribbling (2) Dengan model latihan dribbling sepakbola untuk pemula usia SMA yang telah dikembangkan didapatkan bukti adanya peningkatan yang ditunjukkan oleh hasil pengujian data hasil pre-test dan post-test yang terdapat perbedaan yang signifikan antar sebelum dan setelah mendapatkan perlakuan model.


Full Text:

PDF

References


Bompa, Tudor. 2009. Periodization Theory and Methodology of Training. United States: Human Kinetics.

Borg Walter R., and Gall M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Chapman, Stacey. et.al. 2012. Soccer Coaching Manual. Los Angeles: LA84 Foundations.

Crainn, William. 2007. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farid, Miftahul,dkk. 2019. Perbandingan Metode Latihan Passing dan Empat Penembak Terhadap Ketepatan Shooting. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol 7 (1).

Gumantan, Aditya dan Mahfud, Imam. 2018. Perbandingan Latihan Dengan Menggunakan Bola Ukuran 4 dan 5 Terhadap Ketepatan Menendang Bola ke Arah Gawang. Journal of Sport Vol 2 (1).

Lennox, Jim. Et.al. 2006. Soccer Skill & Drill. United States: Human Kinetics.

Lubis, Johansyah. 2013. Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Lumintuarso, Ria. 2013. Teori Kepelatihan Olahraga. Jakarta: LANKOR.

Luxbacher, Joseph A. 2012. Sepak Bola “Edisi Kedua”. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Rizal, Agung Catur Y. 2012. Pengaruh Latihan Passing Dengan Metode 3 Vs 3 Terhadap Ketepatan Passing Futsal. Sport Science and Education Journal Vol 1 (1)




DOI: https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Imam Mahfud, Rizki Yuliandra, Aditya Gumantan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

akun pro jepangkkn777https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://jitel.polban.ac.id/plugins/supercepat/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/kambo/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://jitel.polban.ac.id/plugins/hitam/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://jurnal.ft.umi.ac.id/lib/totoslot/https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/china/https://pmt.unwir.ac.id/dist/taiwan/http://skpi.unj.ac.id/foto/totoslot/http://skpi.unj.ac.id/foto/totoslot/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/link alternatif kakekslot


SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Pendidikan Olahraga FSIP Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/index
E : sport@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pengeluaran macau