PENGARUH LATIHAN PASSING DENGAN METODE 3 VS 3 TERHADAP KETEPATAN PASSING FUTSAL

Agung Yudha Catur Rizal

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian kuantitatatif ini adalah untuk melihat seberapa pengaruh latihan passing dengan metode 3 vs 3 untuk meningkatkan keterampilan ketepatan passing. Sample yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler futsal dengan jumlah 30 peserta. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah dengan Uji efektifitas terhadap 15 sample dengan treatment dan 15 sample sebagai kontrol. Hasil yang diperoleh setelah pre-test dan post-test dengan rincian Data Tes Awal Latihan kelompok eksperimen L hitung 0.2658 L table 0.220 Tes Awal Latihan kelompok kontrol L hitung 0.352  L table 0.22  Tes Akhir Latihan kelompok eksperimen L hitung 0.2304 L table 0.220 Tes Akhir Latihan kelompok kontrol L hitung 0.233 R table 0.220. futsal sangat membutuhkan passing yang tepat untuk membantu sebuah permainan dan membuat permaianan menjadi menarik untuk dilihat. Setelah melakukan penelitian Latihan passing dengan metode 3 vs 3 dapat disimpulkan dapat meningkatkan ketepatan passing futsal.


Full Text:

PDF

References


Arikunto.S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta-Jakarta

Burns, Tim. 2003. Holistic Futsal united Kingdom : Lightning Source UK Ltd.

Gumantan, Aditya dan Mahfud, Imam. 2018. Perbandingan Latihan Dengan Menggunakan Bola Ukuran 4 dan 5 Terhadap Ketepatan Menendang Bola ke Arah Gawang. Journal of Sport Vol 2 (1)

Irawan, Andri. 2008. Tekhnik Dasar Futsal Modern. Jakarta, Pena Ilmu dan abadi.

Irianto, P. Djoko. 2002. Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta

Kusmiyati, K. 2017. Diagnosis Kesulitan Komponen Utama Keterampilan Mengajar Pendidikan Jasmani pada Mahasiswa STKIP Darussalam Cilacap. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, Vol 3 (1).

Ma’mun, Amung. M. Saputra. 2000. Perkembangan gerak dan belajar gerak. Jakarta : Departemen Pendidikan dan kebudayanan

Tenang D. John. 2008. Mahir Bermain Futsal. Bandung :Mizan.




DOI: https://doi.org/10.33365/.v1i1.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agung Yudha Catur Rizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

akun pro jepangkkn777https://jippm.uho.ac.id/public/site/macau/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/gacor4d/https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://jitel.polban.ac.id/plugins/supercepat/https://conference.univpancasila.ac.id/lib/kambo/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://jitel.polban.ac.id/plugins/hitam/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://jurnal.ft.umi.ac.id/lib/totoslot/https://pasca.uit-lirboyo.ac.id/plugins/china/https://pmt.unwir.ac.id/dist/taiwan/http://skpi.unj.ac.id/foto/totoslot/http://skpi.unj.ac.id/foto/totoslot/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/link alternatif kakekslot


SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Pendidikan Olahraga FSIP Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/index
E : sport@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

pengeluaran macau