Diagnosis Kesalahan Siswa dalam Memahami Materi Faktorisasi Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas VIII
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dan usaha guru untuk mengatasi kesalahan dalam memahami materi faktorisasi bentuk aljabar. Jenis kesalahannya ada 3 yaitu: 1) Konseptual; 2) Operasional; 3) Prosedural. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan instrumen tes untuk mengetahui jenis kesalahan pada materi faktorisasi bentuk aljabar serta kusioner dan wawancara untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan berdasarkan persepsi siswa.Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VIII C dengan jumlah 36 siswa. Hasil analisispadaawaban tes menunjukkan jenis-jenis kesalahan siswa dalam memahami materi faktorisasi bentuk aljabar yaitu: kesalahan konseptual mencapai 86,1%, kesalahan prosedural mencapai 38,8, kesalahan operasional mencapai 97,2%. Penyebab yang dialami siswa dalam memahami materi faktorisasi bentuk aljabar yaitu: Siswa belum mampu mengingat rumus, kesalahan dalam menerjemahkan soal cerita matematika ke bentuk rumus, kesalahan dalam menyelesaian langkah demi langkah dan kesalahan dalam mengoperasikan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) bentuk aljabar. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi faktorisasi bentuk aljabar yaitu: Pemberian pemahaman konsep dasar kepada siswa atau materi matematika terutama pada materi faktorisasi bentuk aljabar, mengilustrasikan hubungan materi yang di ajarkan dengan pengalaman sehari-hari siswa yang didapat siswa dari lingkungan sekitarnya, penggunaan bahasa yang sederhana atau bahasa yang mudah dimengerti siswa dalam menjelaskan materifaktorisasikentuk aljabar, dan pemberiansoal-soal latihan kepada siswa menurut kemampuan siswa dengan soal yang berbeda-beda supaya siswa lebih mengerti dan kreatif dalam menyelesaikan soal dan lebih mudah dalam memahami materi faktorisasi bentik aljabar dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Karya
Hudojo, H. 2000. Strategi Mengajar Belajar Matematika, Malang
Najiyah, F. 2000. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Logaritma di Kelas III A SLTP Nusantara Gresik, Skripsi, UNESA
Rode, R.G. 2013. Analisis Kesalahan dan Solusinya Dalam Menyelesaikan Soal Matematika, Malang: Wisnuwardhana. Skripsi Sarjana Pendidikan
Sahriah, Sitti, et.al. 2012. Analisis Kesalahan Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang, Jurnal. Malang: UM
Sartin. 2005. Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Yang Memuat Pecahan Desimal. Tesis, Jurusan Matematika Fakultas MIPA: Universitas Negeri Surabaya
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Cet. III, Jakarta: Rineka Cipta
Suardi. 2013. (http://contohskripsi-ptk-tesis makalah. blogspot. com/2014/02/ptk-sd-163-Analisis-Kesalahan-dan-Miskonsepsi-Siswa.html.
Sukirman. 2005. Identifikasi Kesalahan-Kesalahan Yang Diperbuat Siswa Kelas III SMP Pada Setiap Aspek Penguasaan Bahan Pelajaran Matematika, Surabaya: Tesis PPS IKIP Surabaya
Wijaya, A. A. & Masriyah. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, MATHEdunesa, Jurnal. ISO 690
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License