Learning Obstacle Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Aljabar Matematika

Putri Meilia Asmara, Didi Suryadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis learning obstacles yang terdapat pada materi aljabar matematika di jenjang SMP. Metode yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR). Dari database Publish or Perish (POP) dalam google scholar dengan rentang tahun 2020-2024 didapat 122 artikel yang sesuai. Selanjutnya, dilakukan screening dan hanya dipilih jurnal yang ber-indeks Sinta 1,2,3 dan 4 sebanyak 50 jurnal. Proses screening lebih lanjut ditemukan 20 artikel yang merupakan jurnal tingkat sekolah menengah pertama. Tahapan terakhir yaitu memilih jurnal yang mengkaji ketiga learning obstacles, yaitu ontogenic obstacle, epistemological obstacle, dan didactical obstacle. Pada tahap terakhir ini, didapatkan 5 artikel yang sesuai. Artikel ini dianalisis per kajian materi aljabar matematika dan didapatkan learning obstacles. Hasil penelitian ini yaitu pertama epistemological obstacle salah satu penyebabnya adalah pemahaman siswa yang terbatas dalam memahami konsep materi aljabar; kedua ontogenical obstacle yang disebabkan oleh motivasi belajar siswa yang kurang diberikan dan akan berdampak pada kesiapan mental siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan pada materi aljabar; dan ketiga didactical obstacle yang disebabkan dari materi yang disampaikan guru hanya pada pengetahuan procedural saja dan siswa masih jarang diberikan soal yang bervariasi sehingga pengalaman siswa dalam penyelesaian masalah materi aljabar masih minim yang berakibatkan siswa tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan.

Kata kunci: Hambatan Belajar, Materi Aljabar, Systematic Literature Review.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.4213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/