Hubungan Konten Edukasi Matematika pada Aplikasi TikTok dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Sederajat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan konten edukasi matematika pada aplikasi TikTok dengan motivasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Peneliti memberikan instrumen penelitian berupa tautan google form kepada siswa SMA sederajat di Kabupaten Gresik berjumlah 95 siswa, adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian terhadap motivasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas sederajat menunjukkan skor total 645,4 dengan persentase 4% sangat tinggi, 60% tinggi, 25% sedang, dan 11% rendah. Hasil uji korelasi data menunjukkan bahwa nilai pearson correlation sebesar 0,208 didukung dengan nilai signifikansi sebesar 0,043 yang menandakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan konten edukasi matematika pada aplikasi TikTok dengan motivasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas sederajat di Kabupaten Gresik.
Full Text:
PDFReferences
Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 6(1), 147–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/mtf.v6i1.7824
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. At-Ta’dib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v2i2.414
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesuitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611–1622. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Costley, J., & Lange, C. H. (2017). Video Lectures in E-Learning: Effects of Viewership and Media Diversity on Learning, Satisfaction, Engagement, Interest, and Future Behavioral Intention. Interactive Technology and Smart Education, 14(1), 14–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/ITSE-08-2016-0025
Farihah, U. (2021). Media Pembelajaran Matematika (1 ed.). CV Lintas Nalar.
Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32–42. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Hasanah, U., & Pujiastuti, H. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Menengah Atas Mengenai Konten Edukasi Pembelajaran Matematika pada Aplikasi TikTok. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 30–39. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1817
Indriani, N., Agustina, S. R. E., Yaqin, A. H., & S, P. R. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 13–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.9513
Kasri. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(3), 320–325. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69
Kemp, S. (2022). TikTok Statistics and Trends. DataReportal. https://datareportal.com/essential-tiktok-stats?utm_source=DataReportal&utm_medium=Country_Article_Hyperlink&utm_campaign=Digital_2022&utm_term=Indonesia&utm_content=Facebook_Stats_Link
Li, A., Harries, M., & Ross, L. F. (2020). Reopening K-12 Schools in the Era of COVID-19: Review of State-level Guidance Addressing Equity Concerns. Journal of Pediatrics, 227, 38–44. https://doi.org/https://doi.org/10.1016%2Fj.jpeds.2020.08.069
Mantappu Corp. (2023). Jerome Polin Sijabat. Mantappu Corp. https://www.mantappu.com/talent/jerome-polin-sijabat/
Mulyana, O. P., Izzati, U. A., Budiani, M. S., Dewi, N. W. S. P., Fatanzilu, I. F., & Anggraeni, D. W. (2020). Perbedaan Regulasi Emosi Ditinjau dari Jenis Kelamin Mahasiswa pada Pandemi Covid-19. PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi, 2(November), 238–250.
Nadela, N. A., & Asyhar, B. (2022). Pengaruh Media Video Youtube terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JTMT: Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 64–69. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2.1168
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. https://www.nctm.org/standards/
Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Claudia Maharani, S. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nurhidayah, D. A. (2016). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA pada Implementasi Kurikulum 2013 [Universitas Muhammadiyah Ponorogo]. http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2774
Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32. (2013). Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (28 ed.). RajaGrafindo Persada.
Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Advent Tikala. Cogito Smart Journal, 6(1), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.31154/cogito.v6i1.209.73-82
Syahril, R. F., Saragih, S., & Heleni, S. (2020). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade XI. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62
The TikTok Team. (2021). Thanks a Billion! TikTok Newsroom. https://newsroom.tiktok.com/en-us/1-billion-people-on-tiktok
Wibawa, K. E. D., Gita, I. N., & Suryawan, I. P. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Course Riview Horay Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.14252
Wijaya, M. H. D., & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar. Al-Mada: Jurnal Agama Sosial Dan Budaya, 3(2), 170–191. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734
Yunitasari, I., Sahrudin, A., Kartasasmita, B. G., & Prakoso, T. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Program Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Mathematics Learning, 2(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/004.201922.41
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.4008
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License